Sampoerna Ukir Sejarah, Resmikan Pabrik SKT MPS Dander di Bojonegoro untuk Angkat Ekonomi Masyarakat

Trisna Eka Adhitya
Gubernur Khofifah bersama warga Bojonegoro. Foto iNewsSurabaya/ist

MPS Dander yang dimiliki oleh Koperasi Kareb ini menjadi MPS ke-39 di Pulau Jawa yang bermitra dengan Sampoerna, sekaligus yang keempat di Kabupaten Bojonegoro. Seluruh MPS tersebut dimiliki dan dioperasikan oleh pengusaha daerah dan/atau koperasi setempat untuk memproduksi merek-merek SKT Sampoerna. Sampoerna sendiri mengoperasikan tujuh fasilitas produksi di sejumlah kota/kabupaten di Pulau Jawa, termasuk empat fasilitas produksi SKT di Surabaya, Malang, dan Probolinggo, Jawa Timur.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Koperasi Kareb sekaligus Direktur Utama PT Kareb Alam Sejahtera (MPS Dander), Sriyadi Purnomo menuturkan, pembukaan MPS Dander dan penyerapan tenaga kerja baru ini juga menciptakan efek berganda bagi masyarakat setempat. “Kehadiran Koperasi Kareb bisa membawa berkah dan manfaat bagi masyarakat Bojonegoro sekaligus berperan aktif dalam membantu pemerintah mengurangi kemiskinan dan tingkat pengangguran,” ujar Sriyadi.

“Hal ini juga tidak dapat dilepaskan dari dampak industri SKT yang begitu signifikan, terutama dalam menciptakan multiplier effect. Ribuan pelintingnya mampu menunjukkan dampak positif dalam membantu perekonomian keluarga. Selain itu, pasar kaget, kos-kosan, dan jasa transportasi turut bertumbuh seiring dengan kehadiran industri SKT,” tambahnya.
 
“Kami berterima kasih kepada Ibu Gubernur Jawa Timur yang begitu peduli terhadap industri ini, khususnya para pekerja SKT. Kami juga mengapresiasi Bapak Pj. Bupati Bojonegoro dan jajaran Pemerintah Kabupaten Bojonegoro yang membantu kami untuk merealisasikan MPS Dander ini, Semoga Koperasi Kareb dan MPS Dander dapat menjadi salah satu pionir dalam membantu Pemerintah mengurangi kemiskinan,” Kata Sriyadi.

“Kami berharap melalui peresmian pabrik di Dander, serta penambahan karyawan pada MPS yang telah ada sebelumnya akan meningkatkan serapan tenaga kerja di sektor formal dan berkontribusi pada ekonomi daerah dan nasional. Inilah salah satu wujud komitmen Sampoerna untuk mendukung perkembangan nasional melalui hilirisasi industri. Kami percaya bahwa tujuan utama hilirisasi adalah untuk menciptakan nilai dan efek berganda bagi Indonesia, yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” tutup Sinta.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network