Indah Kurnia: Waspada Modus Penipuan Digital, File APK Bisa Berbentuk Undangan Pernikahan

Ali Masduki
Indah Kurnia saat melakukan Edukasi mengenai Pinjaman Online, di Omas Sae, Surabaya pada Sabtu (29/3/2024). Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Anggota DPR RI terpilih, Indah Kurnia, mengingatkan mengenai maraknya pengiriman pesan dengan file berekstensi APK. Maritas pesan penipuan lewat aplikasi Whatsapp tersebut bermodus undangan pernikahan.

Pelaku pengirim pesan tersebut mengincar keuangan lewat aplikasi perbankan mobile pada perangkat ponsel korban.

"Jangan asal meng-klik tautan atau file yang dikirim orang tak dikenal. Jangan sembarangan memberikan akses kepada orang lain dan aplikasi yang di-install,” tutur Indah Kurnia saat melakukan Edukasi mengenai Pinjaman Online, di Omas Sae, Surabaya pada Sabtu (29/3/2024).

Kegiatan yang dikemas santai sambil ngabuburit ini diikuti konatituen dan ratusan orang yang menjadi tim pemenangannya saat Pemilu lalu.

Dalam kesempatan ini, Indah Kurnia juga menyampaikan agar bijak mengatur keuangan.

"Kita harus bijak mengatur keuangan, hindari membeli barang yang konsumtif," ucapnya.

Indah Kurnia mengungkapkan bahwa akhir-akhir ini banyak beredar informasi yang tidak sehat melalui sosial media. 

Mengenai investasi bodong dan pinjaman online ilegal, dirinya menghimbau agar tidak terbujuk dengan tawaran iming-iming sesuatu yang tidak rasional oleh pihak siapapun.

"Salah satu upaya untuk bisa mempertahankan kondisi keuangan keluarga adalah dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan produktif seperti usaha maupun opsi lain yang lebih menantang dan menjanjikan keuntungan seperti investasi dengan tujuan agar uang tidak berhenti di tabungan," terangnya.

Oleh sebab itu, Indah Kurnia mengapresiasi edukasi dan sosialisasi yang dilakukan oleh OJK terhadap masyarakat secara rutin, periodik, dan konsisten.

Indah juga berterimakasih kepada konstituen yang terus mau mengedukasi diri dalam berbagai hal, termasuk mengenai keuangan. 

"Terimakasih Bapak Ibu sekalian yang sudah mau untuk datang bersilaturahmi sekaligus mengedukasi diri," pungkasnya.

Ade Kuntho, Ketua Yayasan Wahana Narasi Indonesia, pelaksana kegiatan menyampaikan terimakasih kapada Indah Kurnia yang telah melaksanakan kegiatan tersebut. 

"Terimakasih Bunda yang sudah selalu setia menemani kami dalam berbagai kegiatan," ucapnya.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network