Dubes India Untuk Indonesia Sandeep Chakravorty Sebut Indonesia Adalah Negara yang Menakjubkan

Ali Masduki
Duta Besar India, Sandeep Chakravarti (kanan). Foto/Dok Pribadi

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Duta Besar India, Sandeep Chakravarti berbicara banyak tentang beberapa hal tentang kemitraan India dan Indonenesia dalam podcast SURPRISE TRUTHS. 

Dalam podcast tersebut, Duta besar India membahas secara khusus tentang beberapa hal. 

Misalnya hubungan historis antara kedua negara tersebut, karena India dan Indonesia pun adalah dua negara yang bertetangga, jaraknya hanya 19 mil laut dari bagian paling barat Indonesia ke Kepulauan Andaman, India. Walaupun, India bukanlah bagian dari negara ASEAN.

“Dan saya pikir ada banyak faktor dalam sejarah masa lalu yang menghubungkan India dan Indonesia," ungkapnya.

Sandeep juga menyampaikan bahwa terdapat perekonomian yang sangat besar. Di antara kedua negara yang berpotensi menjadi penggerak perekonomian dunia. Salah satunya adalah pembangkit tenaga listrik yang berada tepat di sebelah Indonesia.

“Dan saya pikir kedua negara akan mendapatkan manfaat yang lebih besar jika kita semakin terintegrasi dan bekerja sama, perekonomian kita bekerja sama demi kemajuan masyarakat kita," tambahnya.

Selain itu, secara pribadi dirinya menyampaikan bahwa dari hampir seluruh negara ASEAN yang ia kunjungi, seperti Jepang, Korea, China, termasuk juga Indonesia, hanya Indonesia yang selalu memberikan beragam kejutan. 

Hingga ia menyebut bahwa Indonesia menjadi sebuah negara yang menakjubkan. 

Bahkan karena Indoensia memiliki garis pantai di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, Dan memiliki peta Geografi yang sangat luas, Sandeep menyebut bahwa Indonesia sebagai satu-satunya negara Indo-Pasifik yang sebenarnya.

“Ini (Indonesia) adalah negara kepulauan. Politik, geografi, dan dinamika negara kepulauan sangat berbeda dengan negara yang merupakan daratan. Jadi, setiap hari orang harus belajar hal-hal baru tentang Indonesia," ungkapnya lagi.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network