UK Petra-KAD Anti Korupsi Jatim Ajak Mahasiswa Bangun Integritas di Kampus

Lukman Hakim
UK Petra dan KAD Anti Korupsi Jatim Ajak Mahasiswa Bangun Integritas di Kampus. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Petra Christian University atau Universitas Kristen (UK) Petra bekerjasama dengan Komite Advokasi Daerah (KAD) Anti Korupsi menggelar Forum Diskusi Anti Korupsi di salah satu hotel di Surabaya, Sabtu (4/5/2024). Acara yang mengusung tema ‘Kukuh Integritas, Korupsi Kami Hempas’ diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Kota Pahlawan

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UK Petra, Dr. Rudy Setiawan S.T.M.T acara guna menciptakan mahasiswa yang berintegritas dan mampu berkontribusi dalam pencegahan korupsi. Misalnya, kalau di masing-masing kampus ada kegiatan dan mereka mengelola dana, bagaimana mengelola dana  ini. Disatu sisi bermanfaat dan disisi lain pertanggungjawabannya juga harus jelas. 

“Dalam acara ini, mahasiswa juga didorong untuk mencetuskan ide ide yang bisa diimplementasikan. Itu sebabnya di hari kedua mereka akan presentasi dan ada juga juri yang akan menilai apakah ide yang mereka lontarkan itu hanya sekedar teoritis atau bisa diterapkan,” katanya. 

Menurutnya, mencegah korupsi harus memulai dari diri sendiri. Kalau hendak mengubah keadaan harus jadi agen perubahan. Dari lingkup terkecil seperti di kegiatan kemahasiswaan. Kemudian ke skala yang lebih besar. Yang paling penting adalah, kata dia, membangun integritas. “Apakah mereka (mahasiswa) bisa memberi contoh dan memberi teladan yang baik. Tidak mencontek. Itukan merugikan orang lain. Harapannya setelah lulus mereka sudah ada value yang dipegang dengan kuat,” ujarnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network