Arek Arek Nusantara Gelar Pendidikan Nonformal Untuk Anak Miskin di Surabaya

Ali Masduki
Arek Arek Nusantara mengajak binaannya untuk melukis bersama di Hutan Nusantara Surabaya, Minggu (05/5/2024). Foto/Arek Arek Nusantara

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Arek Arek Nusantara menggelar pendidikan nonformal untuk anak-anak miskin di Surabaya. Pendidikan nonformal tersebut merupakan wujud komitmen dan tanggungjawab dalam mencerdaskan generasi bangsa.

Sekjen Arek Arek Nusantara, SA Saputra, mengatakan pendidikan merupakan pondasi agar generasi bangsa nantinya tidak tergilas kemajuan zaman. Ia menyebut, di tengah gempuran modernisasi, globlalisasi dan arus teknologi komunikasi informasi yang masif serta pertukaran budaya sudah bisa dihindari. 

"Maka pendidikan yang merata sangat dibutuhkan agar masyarakat nusantara tetap memiliki generasi dengan kepribadian yang cakap sesuai apa yang sudah diajarkan dan dicita-citakan para leluhur nusantara," tuturnya.

Dengan modal pendidikan yang cukup, kata aktivis yang memiliki sapaan beken Pokomen ini, generasi bangsa senantiasa menjalankan budi pekerti, saling menghormati dan memiliki tanggungjawab, termasuk terhadap lingkungan dengan menjaga kelestarian lingkungan alam demi menjaga keseimbanan ekosistem.

Pokomen mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitemen meneruskan ajaran leluhur dan berkontribusi dalam dunia pendidikan. Arek Arek Nusantara, kata dia, akan terus merawat kewarasan dengan menjalankan pendidikan nonformal. 

Hal itu mereka lakukan lantaran biaya pendidikan berkualitas tidak dapat dijangkau oleh rakyat miskin seperti anak buruh, petani, pedagang pasar, korban gusuran stren kali, dan anak penghuni rusun.

Menariknya, konsep belajar mengajar yang diterapkan Arek Arek Nusantara ini cukup menarik. Peserta didiknya diajak belajar sambil menyatu dengan alam, di Alas Nusantara. Tepatnya di Jl Jurang Indah RT 01 RW 03, deket makam Pahlawan Mayjend Sungkono, Surabaya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network