Holy Ichda Wahyuni Anak Nelayan yang Sukses Jadi Dosen di UM Surabaya

Ali Masduki
Holy Ichda Wahyuni. Foto/Dok Pribadi

Usai kelulusan SMA orang tuanya bertekad agar Holy bisa melanjutkn kuliah. Kegagalan mendapatkan beasiswa pemerintah membuatnya sempat frustasi. 

Ia merasa modal prestasi yang ia ukir selama ini seperti sia sia dan tidak membuka pintu mendapat beasiswa. Akhirnya dengan tekad, Holy berangkat ke Surabaya dan menjadi mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya). 

Menurutnya, mendengar kabar dirinya kuliah di kota, ada beberapa kerabat yang menghina, meragukan kemampuan kedua orang tuanya, dan menganggap bahwa dirinya tidak akan tuntas sampai sarjana, bahkan ada yang menuding orang tuanya akan terlilit hutang karena menguliahkan dirinya. 

“Cacian itu terpatahkan, saya lulus meski tidak mudah. Pernah ketika menjelang semester empat, ibu saya sakit, kanker rahim, sehingga membutuhkan pengobatan yang lama, beberapa kali operasi dan kemoterapi. Di sela sela kesibukan kuliah, saya harus sering ijin karena menemani ibu saya berjuang di rumah sakit menjadi penyintas kanker,” ungkap Holy lagi. 

Menurutnya, di tahun itu juga Holy hampir putus kuliah karena pengobatan ibunya. “Tapi takdir Tuhan itu baik, saya dipertemukan dengan orang-orang baik di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang akhirnya menjadi perantara Tuhan, sehingga pengobatan ibu dibiayai oleh sebuah yayasan, yakni Seribu Senyum,”kata Holy. 

Seperti layaknya keajaiban, ibunya sembuh dan dapat hadir di momen sakral wisuda, saat Holy mendapatkan penghargaan sebagai wisuda terbaik dengan IPK tertinggi. Selanjutnya Holy melanjutkan S2 di Universitas Airlangga, usai lulus Holy menjadi Dosen Muda di UM Surabaya. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network