PPDB Jawa Timur 2024 Resmi Dibuka, Jangan Salah Pilih, Ini Cara Daftarnya

Saipul Yudi
PPDB Jawa Timur 2024 Resmi Dibuka. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Timur 2024 untuk jenjang SMAN, SMKN, dan SLBN telah dimulai pada 20 Mei 2024. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh siswa adalah mengamankan Personal Identification Number (PIN), yang diperlukan untuk mendapatkan kata sandi atau kode akses sebelum memulai proses pendaftaran.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Aries Agung Paewai, mengungkapkan bahwa tahun ini ada sekitar 677.530 lulusan SMP dan sederajat yang bersaing untuk mendapatkan tempat di sekolah negeri melalui PPDB Jawa Timur

Dari jumlah tersebut, terdapat 394.844 lulusan SMP, 198.942 lulusan MTs, 59.532 lulusan PKBM, 21.624 lulusan pondok pesantren, dan 2.588 lulusan sanggar kegiatan belajar (SKB). 

"Lulusan dari tahun sebelumnya juga masih memiliki kesempatan untuk mengikuti PPDB, asalkan usia calon peserta didik tidak melebihi 21 tahun," katanya.

Siswa dapat mulai melakukan verifikasi nilai rapor pada tanggal 24-28 Mei 2024. Pengambilan PIN akan dilakukan pada 27 Mei hingga 14 Juni 2024. "Pengambilan PIN PPDB adalah bagian dari masa pra pendaftaran sebelum pendaftaran online resmi dibuka," jelas Aries.

Proses pengambilan PIN dilakukan secara online melalui laman resmi PPDB Jatim. Setelah mengunggah semua berkas persyaratan, siswa harus melakukan verifikasi dan validasi ke sekolah SMAN atau SMKN terdekat.

"Setelah data dinyatakan valid oleh operator sekolah, PIN akan diterbitkan secara online dalam waktu 3 jam," tambah Aries.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network