Penjabat Gubernur Jatim dan Kepala Bapanas Tinjau Keamanan Pangan di Pasar Nambangan

Lukman Hakim
Penjabat Gubernur Jatim dan Kepala Bapanas Tinjau Keamanan Pangan di Pasar Nambangan. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, mendampingi Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, dalam kunjungan kerja ke Pasar Nambangan Surabaya. Mereka melakukan pemeriksaan acak terhadap berbagai produk pangan, menguji keamanannya di laboratorium keliling milik Bapanas.

Kegiatan ini menandai langkah konkret pemerintah dalam menjamin keamanan pangan masyarakat. Adhy menegaskan pentingnya tidak hanya memastikan ketersediaan pangan (food security) tetapi juga keamanan dan kesehatannya (food safety). 

“Jika biasanya kita hanya fokus pada ketersediaan pangan, sekarang kita melangkah lebih jauh dengan memastikan keamanannya. Food safety menjadi prioritas utama,” ujar Adhy.

Laboratorium keliling yang digunakan dalam pemeriksaan ini dilengkapi dengan alat canggih, memungkinkan deteksi cepat terhadap bahan berbahaya dalam produk pangan, baik dari tumbuhan maupun hewan. 

"Dalam waktu singkat, kita bisa mengetahui apakah ada kandungan oksida dan pestisida berlebihan pada tumbuhan atau formalin dalam bahan pangan hewan," jelas Adhy.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network