BPJS Ketenagakerjaan Jember Sosialisasi di Sekolah, Jelaskan Pentingnya Perlindungan Siswa Magang

Ali Masduki
Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada para Guru dan Kepala Sekolah. Foto/Ali

JEMBER, iNews.id - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember menggelar sosialisasi manfaat program di SMK Sunan Drajat, Ajung Jember. Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada para Guru dan Kepala Sekolah.

Kegiatan ini menandai pentingnya pemahaman mengenai perlindungan bagi siswa yang akan menjalani magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) di berbagai perusahaan.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember, Dadang Komarudin menjelaskan, dalam sosialisasi tersebut pihaknya memaparkan secara detail mengenai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 5 tahun 2021 terkait penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

"Penting bagi para guru dan kepala sekolah SMK untuk memahami secara mendalam Program BPJS Ketenagakerjaan, terutama terkait perlindungan yang diberikan kepada siswa-siswi yang akan menjalani magang atau PKL di perusahaan," ungkap Dadang.

Dadang juga menekankan bahwa siswa yang menjalani magang memiliki risiko yang sama dengan tenaga kerja yang bekerja secara reguler. Oleh karena itu, perlindungan melalui Program BPJS Ketenagakerjaan menjadi sangat penting. 

Dengan mendaftarkan siswa magang ke Program BPJS Ketenagakerjaan, maka mereka akan mendapatkan jaminan perlindungan terhadap risiko yang mungkin terjadi, baik itu kecelakaan dalam perjalanan menuju tempat magang atau kecelakaan kerja di tempat magang.

Selanjutnya Dadang menegaskan bahwa dengan keikutsertaan siswa magang dalam program ini, akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi siswa, orang tua, serta pihak sekolah. 

"Mendaftarkan para siswa magang ke Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan langkah yang penting demi keselamatan dan perlindungan mereka di lingkungan kerja," ujarnya.

Dadang berharap agar seluruh SMK di wilayah Kabupaten Jember dapat mendaftarkan para siswa magang ke Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, sebelum mereka berangkat menjalani praktik kerja lapangan atau magang. Hal ini akan memberikan kepastian perlindungan bagi para siswa yang akan terjun ke dunia kerja dalam waktu dekat

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network