RSIA Kendangsari Merr Buka Layanan Urogynecology Center

Ali Masduki
Pers conference tentang layanan Urogynecology center di Surabaya, Sabtu (29/6/2024). Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kendangsari Merr membuka layanan Urogynecology center

Layanan pertama dan satu-satunya di Surabaya raya ini digawangi oleh Prof. Dr. dr. Eighty Mardiyan Kurniawati, SpOG (K)., Subsp. Urogin.RE dan dr. Gatut Hardianto, SpOG (K)., Subsp. Urogin RE. 

Direktur RSIA Kendangsari Merr dr. Dhimas Panji chondro A, MH mengatakan, layanan ini diluncurkan berawal dari perintah Kementerian Kesehatan yang menjalankan visi dari Presiden Joko Widodo, bahwa seluruh masyarakat harus sehat dan produktif. Dari permintaan Presiden diterjemahkan oleh Kementerian Kesehatan dengan adanya enam pilar. 

”Ranah kita di pilar kedua yaitu transformasi layanan rujukan yaitu rumah sakit mulai tipe terendah D sampai A. Di pilar kedua ada beberapa item. Salah satunya, tiap rumah sakit diminta mengembangkan layanan center of excellence atau layanan unggulan. Kita melihat apa peluang yang bisa membuat kita lebih unggul dari RS lainnya. Kami melihat yaitu keberadaan uroginekolog di Surabaya,” kata dr. Dhimas, saat pers conference Merr Moment Intima Summit, Sabtu (29/6/2024).

Di Jawa Timur hingga saat ini baru ada empat dokter spesialis uroginekologi. ”Dua di antaranya ya Prof. Eighty dan dr. Gatut ini yang ada di Surabaya dan sekitarnya,” jelas Dhimas. 

Dimas bilang, kasus uroginekologi memang sudah lama ada. Tapi perkembangan ilmunya memang baru beberapa tahun terakhir. 

”Di sini kita punya tanggung jawab untuk menjawab masalah kesehatan yang berkembang di masyarakat,” ujarnya. 

Program Urogynecologi Center ini diberi nama MUACH (Merr Urogynecology and Aesthetic Center Healthcare). MUACH ini memiliki keunggulan berupa dukungan beberapa alat berteknologi tinggi seperti Laser dan Biofeedback. 

Alat tersebut sangat membantu pemberian layanan area kewanitaan ini menjadi lebih komprehensif dan less invasive sehingga hasil treatment akan lebih baik dan lebih terukur terukur.

Penyediaan alat canggih ini tidak lepas dari kontribusi dari mitra RSIA Kendangsari Merr yaitu Regenesis. Tentunya juga Tim Urogynekologi Surabaya, yang kedepannya akan terus saling berkolaborasi untuk memberikan layanan terbaik bagi para pasien.

Layanan Subspesialis dari kebidanan dan kandungan ini menangani berbagai masalah kewanitaan seperti Rahim turun, gangguan berkemih (beser), gangguan fungsi defekasi, gangguan fungsi seksual seperti vaginismus, estetika area intim Wanita, senam kegel serta stimulasi otot vagina dengan biofeedback. 

Komisaris utama PT Merr Medika Mulia Prof. Dr. dr. Budi santoso, SpOG., Subsp.FER mengatakan, selama ini ada ungkapan bahwa kualitas hidup perempuan semakin bertambah usia akan semakin menurun. Namun dengan perawatan yang tepat, kualitas hidup perempuan justru akan tetap terjaga. 

Pria yang akrab disapa Prof. Bus ini mengungkapkan, salah satu pengganggu kualitas hidup adalah beser atau tidak bisa menahan kecing. 

”Ini terkait sekali dengan usia. Yang masuk usia menapouse, kadar estrogennya memang sangat rendah. Padahal estrogen berfungsi salah satunya penguatan otot-otot dasar pelvis yang di mana di sana itu ada kandung kemih. Karena itu ada yang kalau ketawa, dia keluar keluar kencing, batuk keluar kencing,” tutur Prof. Bus. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network