Tingkatkan Layanan, PT Pelindo Multi Terminal Lakukan Transformasi Besar-Besaran

Ali Masduki
Aktifitas di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

Hal ini ditegaskan oleh Executive VP Port Handling and Stevedoring FKS Logistics Wiji Dewabroto yang juga menjadi salah satu narasumber di diskusi ini sekaligus pelanggan strategis PT Pelindo. 

“Sebenarnya Pelindo khususnya untuk PT Pelindo Multi Terminal itu sudah banyak melakukan perubahan yang sangat luar biasa bahkan sebelum merger. Transformasi dengan modernisasi ini membuat produktivitas naik, dulu pembongkaran biji-bijian dan bungkil dalam satu hari hanya sekitar 5.000-6.000 ton. Sekarang dengan modernisasi, kita sudah sampai di 20.000-25.000,” kata Wiji. 

Ditambahkan Wiji, khusus di terminal curah kering di Teluk Lamong juga sudah dioperasionalkan oleh PT Pelindo Multi Terminal, bahkan Wiji mengklaim Terminal curah kering ini merupakan terminal yang menangani curah kering (pangan dan pakan) paling modern di Asia Tenggara.

Khusus pakan kata Wiji juga sangat potensial, karena sejak ditransformasi PT Pelindo Multi Terminal, pertumbuhan pakan terus meningkat, setiap tahun kargo biji-bijian dan bungkil yang dibongkar mencapai 11 juta ton, yang tersebar di 4 pelabuhan utama, yakni di Medan, Cilegon, Surabaya, dan Makasar.

Transformasi yang dilakukan oleh Pelindo dengan membentuk empat subholding menunjukkan komitmen perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kepelabuhanan non-peti kemas di Indonesia. 

Langkah ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga mendukung visi Indonesia sebagai negara maritim yang berdaulat dan berkelanjutan sesuai dengan RPJPN 2025-2045.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network