Ketua ISNU Jatim Sebut NU Legacy Hadratussyeikh KH Hasyim Asyari

Ali Masduki
Bedah buku 'Mengenal Sosok Hadratussyeikh KH Hasyim Asy’ari, Pemersatu Umat Islam Indonesia- Percik Pemikiran Refleksi Socio-Religious KH Abdul Halim Mahfduz'. Foto/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi sosial-agama harus dijaga. Menjaga NU dipandang penting karena organisasi Islam terbesar di Indonesia tersebut merupakan legacy Hadratussyeikh KH Hasyim Asyari. 

Hal itu disampaikan oleh Ketua PW ISNU Jawa Timur Prof. M Mas'ud Said, Ph.D dalam acara bedah buku 'Mengenal Sosok Hadratussyeikh KH Hasyim Asy’ari, Pemersatu Umat Islam Indonesia- Percik Pemikiran Refleksi  Socio-Religious KH Abdul Halim Mahfduz' yang digelar oleh Lembaga kajian Strategis Pemikiran (LKSP) KH. Hasyim As'ari di hotel Khas Surabaya, Selasa (16/7). 

Menurutnya, pengaruh Hadratussyeikh KH Hasyim Asy'ari sangat besar, baik dalam keagamaan atau kehidupan sosial. "Selain Pesantren Tebuireng, NU sebagai legacy Hadratussyeikh yang harus dijaga," ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng  K.H. Abdul Hakim Mahfudz, mantan wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Ketua Umum Presnas Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Tebuireng (Ikapete) Prof. Dr. H. Maskuri Bakri, M.Si beserta pengurus PC Ikapete, Sekretaris PW Muhammadiyah Jawa Timur Prof. Dr. H. Biyanto, M.Ag, Gus Yusuf Hidayat sebagai ketua pelaksana, dan para alumni Pondok Pesantren Tebuireng. 

Prof. Dr. H. Maskuri Bakri, M.Si mengatakan, Hadratussyeikh KH Hasyim Asy'ari sebagai ulama pemersatu Indonesia, bahkan dunia. Hal itu dibuktikan dengan usulan Hadratussyeikh KH Hasyim Asy'ari agar Arab Saudi tidak hanya menggunakan satu madzhab. 

"Beliau pemersatu, pemersatu kebangsaan, keagamaan, persatuan untuk barmadzhab," ujarnya. 

Mantan rektor Unisma ini menegaskan, Hadratussyeikh KH Hasyim Asy'ari melakukan pekerjaan besar dalam mengangkat derajat kemanusiaan di tengah masyarakat yang banyak melakukan kemaksiatan dan premanisme. 

Pendirian Pondok Pesantren menjadi bukti bahwa KH Hasyim memiliki peran dalam mengentaskan masyarakat dari berbagai keterbelangguan saat itu. 

"Maka hadirnya beliau untuk mendirikan pesantren, bukan untuk gagah-gagahan, tapi beliau punya misi kekholifahan. Kebesaran beliau dalam konteks sosiologis saat itu, serba keterbatasan dari sisi ekonomi, transportasi, politik. Semuanya mengalami keterbatasan saat itu, terapi beliau bisa melakukan sesuatu yang luar biasa," ungkapnya.

Prof Maskuri menegaskan, berdirinya Pesantren Tebuireng bertujuan untuk misi mengangkat derajat kemanusiaan. KH Hasyim Asy'ari juga menyentuh ekonomi masyarakat agar bisa berdaya. Karena jika ekonomi disentuh, maka persoalan yang lain akan ikut tersentuh. 

"Premanisame mulai tekikis. Hadratutussyaikh memberikan pendampingan, demikian juga soal agama. Ekonomi menjadi pilar penting menyelesaikan persoalan yang lain," terangnya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network