Tingkatkan Profesionalisme dan Kompetensi, BAN PDM Jawa Timur Gelar Pelatihan Asesor

Arif Ardliyanto
Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (BAN PDM) Jawa Timur mengadakan pelatihan intensif bagi para asesor. Foto iNewsSurabaya/arif

Menurutnya, antusiasme para peserta sangat tinggi, menunjukkan keinginan mereka untuk terus mengasah kemampuan dan memperdalam pengetahuan.

"Seluruh 1.047 asesor ini dibagi menjadi empat kelompok pelatihan, yaitu Tahap 1, Tahap 2, Tahap 3, dan Tahap 4," tambahnya.

Melalui pelatihan ini, Nursamsu berharap para asesor dapat bekerja lebih efisien dan efektif sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan oleh BAN PDM Pusat. "Mereka akan lebih memahami penggunaan aplikasi dalam penilaian serta instrumen-instrumen penilaian yang diperlukan," katanya.


Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (BAN PDM) Jawa Timur mengadakan pelatihan intensif bagi para asesor. Foto iNewsSurabaya/arif

Phoni Adityawan Mulyana, Penanggung Jawab Pelatihan Asesor BAN PDM Jawa Timur, menjelaskan bahwa ada dua fokus utama materi yang diberikan. "Pada tahap daring, para asesor diberikan pemahaman tentang konsep dan landasan instrumen penilaian yang akan digunakan dalam visitasi. Sedangkan tahap luring lebih menitikberatkan pada praktik teknis di lapangan," ujar Phoni.

Di akhir pelatihan, seluruh asesor menyepakati komitmen untuk menjadi asesor yang jujur dan berintegritas, sebuah kesepakatan penting yang disampaikan dalam sesi terakhir di Hotel Mercure. 

"Peran asesor sangat krusial dalam penilaian lembaga, dan hasil penilaian mereka akan menjadi dasar bagi keputusan penting yang diambil oleh lembaga dan instansi terkait," tutup Phoni. 

Dengan pelatihan ini, diharapkan para asesor BAN PDM Jawa Timur dapat menjalankan tugas mereka dengan lebih baik, memastikan bahwa standar pendidikan di wilayah ini terus meningkat sesuai dengan kebijakan nasional.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network