Desa Gelam, Kampung Pancasila yang Menyala dengan Kebhinekaan, Jadi Jujukan Mahasiswa KKN

Arif Ardliyanto
Kepala Desa Gelam Moch Muslich melepas dan menerima mahasiswa KKN UPN Jatim. Foto iNewsSurabaya/arif

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Desa Gelam, yang terletak di Kecamatan Candi, Sidoarjo kembali menarik perhatian publik. Desa yang dengan teguh memegang prinsip-prinsip Pancasila ini baru saja menggelar acara pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari UPN Jawa Timur yang telah mengabdikan diri selama beberapa bulan di tengah masyarakat.

Namun, acara pelepasan tersebut bukan sekadar perpisahan biasa. Dengan semangat Kebhinekaan, acara ini juga diwarnai dengan pertunjukan budaya yang memukau. 

Ibu-ibu PKK Desa Gelam mempersembahkan penampilan yang luar biasa dengan mengenakan busana tradisional dari berbagai daerah di Nusantara, menggambarkan betapa eratnya nilai-nilai Pancasila di desa ini.

"Pertunjukan ini mempertegas bahwa Desa Gelam benar-benar mengamalkan nilai-nilai Pancasila," ujar Sri Astuti Ningsih, istri Kepala Desa Gelam, saat ditemui di sela-sela acara pelepasan mahasiswa KKN UPN Jawa Timur.


Pertunjukan ibu PKK menyajikan pertunjukan disaat pisah sambut mahasiswa KKN. Foto iNewsSurabaya/arif

Sri Astuti juga menambahkan bahwa warga Desa Gelam telah berkomitmen penuh untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan menjunjung tinggi gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Diskusi rutin yang diadakan ibu-ibu PKK tentang pengamalan nilai-nilai Kebhinekaan semakin memperkuat semangat persatuan di desa ini. 

"Keberadaan mahasiswa KKN semakin meneguhkan semangat Kebhinekaan di tengah masyarakat kami," tambahnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network