get app
inews
Aa Read Next : Desa Gelam, Kampung Pancasila yang Menyala dengan Kebhinekaan, Jadi Jujukan Mahasiswa KKN

Desa Gelam, Kampung Pancasila Sidoarjo yang Mampu Berdaya dan Berdikari, Patut Jadi Contoh!

Sabtu, 27 Juli 2024 | 10:50 WIB
header img
Kepala Desa Gelam Candi Sidoarjo, Moch Muslich bersama aparat dan tokoh masyarakat. Foto iNewsSurabaya.id/arif

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Desa Gelam, yang terletak di Kecamatan Candi, Sidoarjo, telah menjadi sorotan berkat keunikan dan daya tariknya yang khas. Salah satu keunggulan desa ini adalah Situs Doro, yang semakin populer di kalangan masyarakat luas. Tidak hanya itu, Desa Gelam juga telah terpilih untuk mengikuti kompetisi bergengsi Kampung Pancasila, yang membawa semangat baru bagi seluruh warganya.

Kompetisi ini memacu semangat warga untuk bergotong royong menciptakan lingkungan yang nyaman sambil mengamalkan falsafah Bhinneka Tunggal Ika. Meski beragam, warga tetap satu dalam kebersamaan. 

"Sebagai Kepala Desa, saya merasa terpanggil untuk mengikuti kompetisi Kampung Pancasila. Alhamdulillah, warga dan semua pihak yang terlibat sangat kompak," ujar Kepala Desa Gelam, Moch Muslich.


Desa Gelam, Kampung Pancasila di Sidoarjo yang Mampu Berdaya dan Berdikari. Foto iNewsSurabaya/arif

Muslich menegaskan bahwa keterlibatan Desa Gelam dalam kompetisi ini adalah upaya untuk mengenalkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat. 

"Kehidupan gotong-royong dan guyub rukun sudah menjadi bagian dari keseharian kami. Warga Gelam memahami dan mempraktekkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," tambahnya.

Istri Kepala Desa Gelam, Sri Astuti Ningsih, turut berbagi cerita tentang bagaimana mereka mengamalkan nilai-nilai Pancasila melalui berbagai program pemberdayaan, salah satunya ketahanan pangan. 

"Kami telah mempraktekkan ini dengan beternak lele, mujair, dan mengembangkan hidroponik. Bahkan, kami juga menanam melon di lahan yang ada," ungkapnya dengan bangga.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut