Hari UMKM Nasional, Pertamina Patra Niaga Dukung Penuh Pengembangan UMKM

Ali Masduki
PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus telah memiliki lebih dari 8.897 mitra binaan di berbagai sektor usaha. Foto/Pertamina

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus terus menunjukan komitmen dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. 

Melalui berbagai program dan pembinaan, Pertamina Patra Niaga berperan aktif dalam memperkuat sektor UMKM sebagai tulang punggung perekonomian daerah. 

Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus telah meluncurkan beberapa program yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan kualitas UMKM. 

Program tersebut mencakup pelatihan dasar usaha, sertifikasi, hingga pendampingan usaha. Selain itu, Pertamina juga membantu mitra binaan dalam memperluas pemasaran baik melalui pameran lokal, nasional, hingga internasional.

Salah satu mitra binaan unggulan yang telah merasakan manfaat dari program ini adalah UD. Persada Utama Mandiri yang berasal dari Kota Surabaya. Bergerak dalam bidang pembuatan sambal siap saji, UD. Persada Utama Mandiri berhasil meningkatkan kualitas produknya dan memperluas pasar hingga ke mancanegara. 

Sri Wahyuni, pemilik UD Persada Utama Mandiri, mengungkapkan bahwa dukungan Pertamina tidak hanya dalam bentuk pendanaan, tetapi juga pelatihan dan bantuan promosi yang sangat membantu dalam mengembangkan usahanya. 

"Kami sangat terbantu dalam pemasaran sambal kami dengan adanya pameran di beberapa acara yang sangat berdampak. Kami bisa masuk ke pasar retail modern di berbagai kota, terutama di Jakarta. Kami juga sudah membuat program kemitraan untuk penjualan di beberapa kota, semua karena Pertamina," ujar Sri Wahyuni.

Hingga saat ini, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus telah memiliki lebih dari 8.897 mitra binaan di berbagai sektor usaha. Program kemitraan ini tidak hanya fokus pada peningkatan kapasitas usaha, tetapi juga berupaya menciptakan dampak positif bagi masyarakat sekitar dan lingkungan.

Ahad Rahedi Area Manager Comm, Rel & CSR mengatakan Pertamina tumbuh bersama masyarakat. Pihaknya bangga dapat menjadi bagian dari perjalanan sukses mitra binaan. 

"Pembinaan yang kami berikan tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan bisnis mereka, tetapi juga untuk menciptakan dampak sosial dan ekonomi yang positif di masyarakat. Kami percaya bahwa dengan mendukung UMKM, kami turut berkontribusi pada pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," ujar Ahad.

Dalam menjalankan program pembinaan UMKM, Pertamina Patra Niaga juga berkomitmen untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). 

Program-program ini khususnya mendukung SDG 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi) dengan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan keterampilan kerja. 

Selain itu, melalui pengembangan UMKM, Pertamina turut berkontribusi dalam mengurangi kesenjangan (SDG 10) dan mempromosikan inovasi serta infrastruktur yang berkelanjutan (SDG 9). 

"Dengan berbagai upaya tersebut, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus berharap dapat terus berkontribusi dalam pengembangan ekonomi lokal melalui pemberdayaan UMKM, serta membantu menciptakan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan," tutup Ahad.
 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network