Bantu Keluarga Muda Punya Momongan, Klinik Tiara IVF RSIA Putri Gunakan Teknologi Terkini

Lukman Hakim
Klinik Tiara IVF RSIA Putri Gunakan Teknologi Terkini untuk membantu keluarga muda punya momongan. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut, 10% dari pasangan usia subur di Indonesia mengalami infertil atau kesulitan kemampuan dalam menghasilkan keturunan. 

Angka ini merujuk pada data WHO, penelitian World Bank tentang penurunan fertilitas di indonesia dan Penelitian dari Perhimpunan Fertilisasi in Vitro Indonesia (Perfitri). 

Salah satu pelopor In vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung di Surabaya, Klinik Tiara IVF bertransformasi menjadi klinik terintegrasi (di RSUD Dr Soetomo dan RSIA Putri) memberikan layanan unggulan program IVF dengan teknik ICSI (Intra Cytoplasmic Sperm Injection) dan teknologi embryoscope time lapse incubator. 

Tim dokter yang menangani merupakan para ahli dan berpengalaman di bidangnya. Salah satunya adalah Prof. Dr. dr. Hendy Hendarto SpOG. Subsp F.E.R yang juga merupakan Ketua Perhimpunan Fertilisasi In Vitro Indonesia (Perfitri). 

Prof Hendy mengatakan, dengan banyak edukasi, pasutri dapat menimba harapan baru untuk berbagai kemungkinan memiliki keturunan. “Gangguan fertilitas itu bermacam-macam, semakin terbuka pasutri saat konsultasi, dokter semakin memperoleh gambaran yang tepat untuk penanganannya,” ujarnya saat Grand Opening Klinik Tiara IVF di RSIA Putri Surabaya, Sabtu (15/8/24).

Dia menambahkan, secara medis, dikatakan ada gangguan kesuburan apabila pasangan suami istri yang berhubungan secara teratur selama 1 tahun namun belum ada kehamilan. Namun jangka waktu ini bisa lebih pendek apabila usia istri di atas 35 tahun. 

“Perempuan memang punya keterbatasan kualitas kesuburan. Di usia 35 mulai turun, 40 tahun bisa drop signifikan, 50 tahun menopause,” jelasnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network