Kali Bedadung Jember Banjir Sampah Sachet

Ali Masduki
Gabungan organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Jember, melakukan penyisiran Kali Bebadung, Minggu (27/2/2022). (Foto: Dok Mapala)

JEMBER, iNews.id - Kali Bedadung Kabupaten Jember, Jawa Timur, dibanjiri sampah produk kemasan sachet. Itu diketahui setelah gabungan mahasiswa Pecinta Alam Jember menggelar kegiatan latihan bersama olahraga arus deras, sekaligus ivestigasi sampah disungai bedadung.

Hamdi, salah satu anggota Mapala Jember mengatakan kegiatan tersebut dilakukan lantaran setiap tahun sampah di sungai bukannya makin menurun, namun malah semakin meningkat.

Pada tahun 2019, didapati ada 20 timbulan sampah sepanjang jalur jembatan Nuris sampai jembatan Semanggi. Kemudian pada tahun 2022 awal, di temukan 253 pohon terlilit plastik dan 120 timbulan sampah yang di dominasi ukuran sedang 2-5 meter dan beberapa diantaranya berukuran besar 10-15 meter 

Sedangkan pada 27 Februari 2022, ditemukan 75 timbulam sampah yang berukuran sedang 2-5 meter dan 18 timbulan sampah berukuran besar 10-15 meter untuk pohon yang terlilit plastik 264 pohon. 

"Dari hasil brand audit, kami mendapatkan hasil bahwa umumnya masyarakat masih banyak yang menggunakan produk kemasan sachet. Sedangkan perusahaan yang bersangkutan masih kurang tanggap terhadap produk yang sudah mereka produksi. Total jumlah sampah sampah yang kami ambil 132 sampah terdapat merek," terang Hamdi, Selasa (01/3).

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network