Ajak Masyarakat Datang ke TPS, KPU Surabaya Gelar Lomba Mural Pilkada Serentak 2024

Ali Masduki
Salah satu karya lomba mural Pilkada Serentak 2024 yang digelar oleh KPU Surabaya. Foto/Dokumentasi KPU Surabaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - KPU Surabaya menggelar lomba mural Pilkada Serentak 2024. Lomba yang melibatkan segmen komunitas pekerja seni lukis jenis mural tersebut guna meningkatkan partisipasi masyarakat di Pilkada Serentak 2024.

Lokasi Lomba Mural ini tersebar di 8 titik strategis yang ada di Kota Surabaya. Di antaranya meliputi Jl. Soekarno Hatta MERR, bawah jalan Jambangan, Jl. Kejawan Putih Tambak Mulyorejo, Jalan Kenjeran menuju Suramadu.

Berikutnya juga di Jalan Ngaklik Simokerto, Jl. Prof Moestopo Tambaksari dan Jalan Tambak Osowilangun Benowo Surabaya.

Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kota Surabaya, Subairi menyatakan lomba mural merupakan bagian dari sosialisasi segmen komunitas. Di dalamnya, dengan melibatkan para pekerja seni dan profesional di bidangnya. Mereka, dengan lomba mural diajak untuk berpartisipasi aktif dalam mensosialisasikan Pilkada Serentak 2024.

"Tentu dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat. Pesan utamanya, mengajak datang ke TPS," ujarnya.

Subairi menjelaskan, tema lomba mural adalah Berani Memilih Untuk Surabaya. Artinya, seluruh warga Kota Surabaya diharapkan berani datang ke TPS di hari Rabu, 27 November akan datang. 

"Untuk apa? Tentu untuk menggunakan hak pilih, dalam Piwali Kota Surabaya dan Pilgub Jawa Timur," ucapnya.

Mantan wartawan ini menilai, lomba mural sangat efektif dalam menyampaikan pesan dan ajakan datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilih. Terlebih, menurut Subairi, lukisan yang dituangkan dalam tembok juga berisi ajakan untuk datang ke TPS dalam Pilkada Serentak 2024.

"Pesan dan ajakan secara lukisan dan visual, lebih mudah dipahami. Termasuk ajakan ke TPS, harapanmya juga sampai," terangnya.

KPU Surabaya, membuka pendaftaran Lomba Mural Pilkada Serentak 2024, sejak 28 Agustus sampai 5 September lalu. Dilanjut pelaksanaan dan tahapan penjurian, yang kemudian 12 September akan diumumkan pemenangnya. 

Ada sebanyak 52 orang yang mendaftarkan diri, yang disebar di 8 lokasi titik pelaksanaan lomba. 

Sementara itu, salah satu juri Lomba Mural Pilkada Serentak 2024, Wahyu Widodo menyebutkan bahwa yang dilakukan oleh KPU Surabaya sangat kreatif

Sosialisasi bentuk lain, dengan segmen komunitas yang sangat tepat sasaran. Terlebih, menjadikan ruang atau bidang kosong terisi sosialisasi ajakan datang ke TPS.

"Saya amati belum ada di Kabupaten dan Kota yang lain. Ini bentuk sosialisasi kreatif, wajib didukung," tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network