Perkuat Komitmen Indonesia dalam Energi Bersih, LNK Resmikan Proyek Solar Panel

Ali Masduki
PT Lautan Natural Krimerindo (LNK) meresmikan pemasangan 1.416 panel surya dengan kapasitas 635 kW di pabriknya yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur. Foto/LNK

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Produsen bahan makanan dan minuman PT Lautan Natural Krimerindo (LNK) menegaskan komitmennya terhadap bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

Anak perusahaan PT. Lautan Luas Tbk tersebut meresmikan pemasangan 1.416 panel surya dengan kapasitas 635 kW di pabriknya yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur, sebagai bagian dari upaya besar mereka dalam mendukung energi bersih di Indonesia.

Rendy Herdijanto, Kepala Bidang Energi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur, memberikan apresiasi atas langkah strategis yang diambil oleh PT Lautan Natural Krimerindo (LNK). 

Upaya perusahaan dalam meningkatkan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) dinilai sejalan dengan transisi energi dan target bauran energi di Jawa Timur, yakni sebesar 17,09% pada 2025 dan 19,56% pada 2050. 

Untuk tahun 2023, target bauran EBT Jawa Timur sebesar 6,55%, sementara realisasinya telah melampaui target, yakni sebesar 9,96%.

“Kami sangat mengapresiasi PT Lautan Natural Krimerindo yang telah menjadi salah satu pelopor di sektor industri dalam penggunaan energi baru terbarukan. Inisiatif ini tidak hanya mendukung target pemerintah dalam pengurangan emisi gas rumah kaca, tetapi juga mempercepat langkah Indonesia menuju pencapaian Net Zero Emission pada tahun 2060,” ujar Rendy.

Rendy juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. 

“Kolaborasi seperti ini adalah kunci dalam upaya global kita untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan menciptakan masa depan yang lebih hijau,” tambahnya.

CEO PT Lautan Natural Krimerindo, Hendrik Gunawan, menekankan bahwa proyek instalasi panel surya ini adalah bagian dari strategi jangka panjang perusahaan dalam mendukung agenda pemerintah. 

"Pemasangan panel surya ini diharapkan dapat menyumbang hampir 30% dari kebutuhan energi kami, sekaligus mengurangi emisi CO2 hingga 1.200 ton per tahun, yang setara dengan penanaman lebih dari 14 ribu pohon," jelas Hendrik. 

"Kami berkomitmen untuk terus mengintegrasikan praktik bisnis yang bertanggung jawab, mendukung transisi energi terbarukan, dan menjaga keberlanjutan lingkungan di Indonesia," tambahnya.

Prestasi terbaru ini juga melengkapi pencapaian LNK yang pada tahun 2022 menerima penghargaan Proper Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Penghargaan ini merupakan apresiasi untuk perusahaan yang memiliki kinerja lingkungan yang baik, mematuhi regulasi dan menerapkan praktik-praktik bisnis yang berkelanjutan

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network