Sekolah Gratis Hingga SMA di Kota Batu ala Mas Gum, Pengamat: Pondasi Masa Depan Warga Batu

Lukman Hakim
Sekolah Gratis Hingga SMA di Kota Batu ala Mas Gum sebagai upaya mencerdaskan warga. Foto iNewsSurabaya/lukman

BATU, iNewsSurabaya.id - Pengamat Pendidikan dari Universitas Negeri Malang (UM), Drs I Wayan Dasna MSi MEd PhD mendukung program Bakal Calon Walikota Batu, Firhando Gumelar (Mas Gum) yang ingin memberikan biaya pendidikan bagi warga Kota Batu dengan program 1 KK 1 Sarjana serta gratis sekolah 12 tahun (SD hingga SMA). 

Dengan data BPS yang menyebutkan rata-rata lama sekolah (RLS) Kota Batu di angka 9,85 tahun, dua program Mas Gum sapaan akrab Firhando Gumelar bisa terealisasi dengan baik. Sebab I Wayan Dasna sebelum menuju 1 KK 1 Sarjana, maka Mas Gum harus menuntaskan wajib belajar 12 tahun bagi warga Batu.

"Dengan data BPS itu, berarti kan yang dari SMP banyak yang tidak melanjutkan ke jenjang berikutnya. Untuk menuju visi misi 1 KK 1 sarjana, Mas Gum harus selesaikan dulu wajib belajar 12 tahun itu,” katanya, Kamis (19/9/2024).

Wayan mengatakan, program sekolah gratis hingga SMA itu harus bisa disupport penuh oleh Pemkot Batu ketika Mas Gum terpilih. Namun jika secara anggaran ada keterbatasan, Pemkot Batu di bawah kepemimpinan Mas Gum bisa memberikan beasiswa kepada warga yang berprestasi dan juga bagi yang kurang mampu.

Itu juga bisa diselaraskan dengan program 1 KK 1 Sarjana. Sebab jika dari SMA sudah diberi syarat-syarat khusus untuk dapat beasiswa itu. Misal nilai harus stabil dan berprestasi mumpuni, maka lebih mudah untuk menuju perguruan tinggi yang unggul.

"Jadi Pemkot bisa menanggung biaya sekolahnya saja misal, namun dengan syarat-syarat nilai tidak boleh rendah karena targetnya untuk jenjang kuliah,” jelasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network