Dindik Jatim Perkuat Kompetensi Manajerial Guru Penggerak untuk Sukseskan Kurikulum Merdeka

Saipul Yudi
Dindik Jatim Perkuat Kompetensi Manajerial Guru Penggerak untuk Sukseskan Kurikulum Merdeka. Foto iNewsSurabaya/saipul

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur kembali mengambil langkah strategis dengan meningkatkan kompetensi manajerial guru penggerak. Guru penggerak kini memegang peranan krusial dalam menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan inspiratif, sejalan dengan implementasi Kurikulum Merdeka.

Kepala Dindik Jatim, Aries Agung Paewai, menegaskan bahwa pematangan kompetensi manajerial ini sangat penting. Terlebih, pada tahun 2023 lalu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim membuka peluang bagi guru penggerak untuk diangkat sebagai kepala sekolah, yang didukung oleh Permendikbudristek No. 40 Tahun 2021. Regulasi ini mengukuhkan guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran setelah menyelesaikan program Pendidikan Guru Penggerak.

“Guru penggerak bukan hanya pengajar, tetapi juga agen perubahan yang membawa semangat transformasi di dunia pendidikan. Oleh karena itu, selain kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, mereka juga harus memiliki kompetensi manajerial yang kuat,” ujar Aries saat membuka pelatihan pada Minggu (22/9).

Aries menekankan bahwa kemampuan manajerial yang baik sangat penting agar guru penggerak dapat memimpin perubahan di sekolah mereka dengan efektif, serta berdampak positif pada kualitas pendidikan.

“Peningkatan kompetensi ini merupakan bagian dari upaya kolektif untuk memastikan bahwa guru penggerak mampu menjadi agen perubahan yang membawa pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik,” tambah Aries.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network