MotoGP 2024, XL Axiata Siapkan Puluhan BTS 4G di Lombok

Ali Masduki
Khusus untuk BTS yang menjangkau area sirkuit, XL Axiata menerapkan teknologi Massive MIMO yang mampu meningkatkan kapasitas data. Foto/XL Axiata

MATARAM, iNewsSurabaya.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan 4G di Lombok siap menyukseskan ajang balap motor dunia MotoGP 2024 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), 27-29 September 2024.

 XL Axiata telah menyiapkan sedikitnya 81 BTS 4G untuk meng-cover seluruh area strategis, mulai dari Bandara Internasional Lombok di Praya hingga kawasan Kuta Mandalika, serta sepanjang bypass BIL-Mandalika.
 
"Seperti tahun-tahun sebelumnya, XL Axiata kembali mengerahkan tim penuh untuk memastikan jaringan kami dalam kondisi prima selama MotoGP berlangsung. Kami ingin memastikan bahwa pengunjung, baik dari dalam negeri maupun mancanegara, dapat menikmati layanan telekomunikasi dan data berkualitas tinggi selama berada di Lombok, terutama di area Sirkuit Mandalika dan sekitarnya," kata Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto.
 
Dodik menambahkan, potensi lonjakan trafik selama MotoGP sangat besar, mengingat popularitas ajang balap ini di Indonesia dan kehadiran penonton internasional. Dengan semakin banyaknya orang di Mandalika, kebutuhan atas jaringan telekomunikasi berkualitas juga meningkat. 

XL Axiata telah menyiapkan berbagai langkah untuk mempermudah wisatawan, termasuk tamu internasional, dalam mengakses layanan telekomunikasi dan registrasi kartu.  

Penambahan BTS yang menjangkau sekitar area sirkuit Mandalika juga terus kami tingkatkan sejak 2022 hingga sekarang.  saat ini area sirkuit Mandalika sudah dilayani sekitar 37 BTS 4G, meningkat hampir 54 % selama 2 tahun terakhir.
 
Khusus untuk BTS yang menjangkau area sirkuit, XL Axiata menerapkan teknologi Massive MIMO yang mampu meningkatkan kapasitas data, sehingga layanan internet tetap stabil meskipun terjadi lonjakan trafik. Selain itu, satu unit mobile BTS juga telah disiapkan untuk mengantisipasi potensi peningkatan lalu lintas data yang tinggi selama acara berlangsung.
 
Head Network Operations XL Axiata Region East, Mochamad Irwan Harahap menjelaskan, bahwa peningkatan kualitas jaringan 4G tidak hanya sebatas di Mandalika. 

XL Axiata juga memperluas jaringan 4G ke seluruh penjuru Lombok, baik untuk peningkatan kualitas layanan data dan suara di wilayah perkotaan, maupun perluasan ke area-area yang sebelumnya memang belum terjangkau.  

Saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah hadir melayani pelanggan di 598 desa/kelurahan, 53 kecamatan, dan  5 kabupaten/kota di Lombok.  
 
Di sejumlah kawasan wisata paling popular di Lombok, XL Axiata juga secara khusus memastikan kualitas jaringan data. XL Axiata telah menyiapkan 14 BTS 4G di Sembalun, 3 BTS 4G di Pink Beach Lombok Timur, 13 BTS 4G di Gili Trawangan,  3  BTS 4G di Desa Sade, 41 BTS 4G di Sengigi, dan 61 BTS 4G di Narmada. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network