Dukung Kesejahteraan Guru, Dindik Jatim Luncurkan Program Entrepreneur untuk GTT

Saipul Yudi
Dindik Jatim - ITS Jalin Kolaborasi Luncurkan PROTEG. Foto iNewsSurabaya/saipul

Ety Prawesty, Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dindik Jatim, memaparkan lebih lanjut bahwa PROTEG tidak hanya berfokus pada aspek ekonomi. Program ini mencakup tiga komponen utama, yaitu mindset, skillset, dan toolset. 

"Pertama, kita membentuk pola pikir kreatif. Kedua, memberikan keterampilan teknis yang relevan dengan bisnis kreatif. Terakhir, kita memberikan bekal alat dan teknologi untuk pengembangan usaha," jelas Ety.

Pada tahap awal, PROTEG akan diikuti oleh 200 guru honorer dari total 4.684 guru di seluruh Jatim. Pelatihan akan dimulai pada 3 Oktober 2024, dengan target enam bulan ke depan para peserta sudah mampu menginisiasi start-up kreatif mereka.

Wakil Rektor IV ITS, Agus Muhammad Hatta, juga menegaskan pentingnya beradaptasi di era yang terus berkembang. "Inovasi dan kewirausahaan menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan, termasuk di bidang pendidikan. ITS siap mendukung guru-guru honorer untuk meningkatkan kesejahteraan melalui inovasi ekonomi kreatif," ujar Hatta.

Melalui kolaborasi antara Dindik Jatim dan ITS, program PROTEG diharapkan dapat menjadi solusi jangka panjang yang tak hanya meningkatkan taraf ekonomi guru honorer, tetapi juga memberikan dampak positif bagi pengembangan ekonomi lokal. 

"Dengan semakin sejahteranya guru, kontribusi mereka terhadap pendidikan dan pembangunan daerah akan semakin besar," tutup Hatta penuh optimisme.

Program PROTEG bukan hanya sekadar pelatihan, tapi juga pintu gerbang menuju masa depan yang lebih mandiri dan sejahtera bagi para guru honorer di Jawa Timur.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network