Transformasi Digital KUA Jombang, Layanan Keagamaan Kini dalam Genggaman Tangan

Zainul Arifin
KUA Kabupaten Jombang kini semakin modern dengan menghadirkan teknologi canggih melalui program Santika (Sarana Tanggap Informasi Keagamaan KUA). Foto iNewsSurabaya/zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - KUA Kabupaten Jombang kini semakin modern dengan menghadirkan teknologi canggih melalui program Santika (Sarana Tanggap Informasi Keagamaan KUA). Program ini diluncurkan pada 8 Oktober lalu dan dilengkapi dengan perangkat tablet serta fitur WhatsApp Bisnis yang siap melayani kebutuhan masyarakat secara real-time.

Setiap KUA di Jombang, yang berjumlah 21, dilengkapi dengan tablet berisi akun media sosial KUA dan nomor WhatsApp Bisnis yang dapat menjawab pertanyaan serta memberikan layanan keagamaan dengan cepat dan responsif. 

Ketua Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) cabang Jombang, Miftahul Anwar, menjelaskan bahwa
Santika merupakan solusi digital modern yang berfungsi sebagai WhatsApp Auto Respon, aktif 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. 

“Program ini merupakan bentuk nyata dari slogan 'Bhakti APRI Untuk Negeri' serta langkah kami untuk mengikuti perkembangan zaman dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin modern,” ujar Miftahul.

Inisiatif inovatif ini juga sejalan dengan penerapan Zona Integritas (ZI) yang diusung Kantor Kemenag Jombang, bertujuan meningkatkan layanan publik yang lebih transparan dan responsif. Dengan layanan yang selalu siaga, KUA diharapkan dapat memberikan solusi cepat terkait berbagai kebutuhan informasi keagamaan masyarakat.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network