200 Tahun Bahrul Ulum, Warisan Perjuangan Pesantren Menuju Puncak Peradaban

Zainul Arifin
Peringatan 200 Tahun Bahrul Ulum, Warisan Perjuangan Pesantren Menuju Puncak Peradaban. Foto iNewsSurabaya/zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Gedung Serba Guna KH. Hasbullah Said di Tambakberas, Jombang, menjadi lautan manusia pada Senin malam (21/10/2024). Ribuan santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum antusias meramaikan acara Soft Launching 2 Abad berdirinya pesantren legendaris tersebut.

Semangat para santri begitu terasa, dimulai dengan istigasah bersama yang dipimpin oleh KH. Achmad Hasan, Rais Syuriah PCNU Jombang, dilanjutkan dengan pembacaan shalawat nabi. 

Malam itu menjadi saksi semangat dan kekhusyukan yang mempersatukan generasi penerus pesantren dengan dzuriyah atau keturunan para kiai pendiri. 

Tampak hadir di antaranya KH. M. Hasib Wahab, KH. M. Wafiyul Ahdi, Nyai Hj Mundjidah Wahab, KH. Achmad Hasan, serta sejumlah tokoh penting dari kalangan pesantren dan masyarakat sekitar.

Acara Soft Launching ini menjadi pembuka dari serangkaian peringatan 2 abad yang akan digelar secara berkala hingga mencapai puncaknya pada Juni 2025. Rangkaian kegiatan tersebut akan meliputi seminar, pengajian akbar, hingga pertemuan ulama internasional dan santri. Momen ini menjadi penanda sejarah penting bagi Bahrul Ulum yang telah menjadi mercusuar pendidikan Islam selama dua abad.

"Alhamdulillah, Pondok Pesantren Bahrul Ulum telah mencapai usia 200 tahun. Ini adalah karunia besar dari Allah SWT," ujar KH. M. Wafiyul Ahdi, Ketua Umum Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum.

Didirikan oleh pahlawan nasional KH. Abdul Wahab Hasbullah pada tahun 1825, Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang dikenal sebagai salah satu pesantren terbesar dan tertua di Indonesia. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network