Puluhan Barista Sajikan Inovasi Minuman Kopi Dalam Kollabora Coffee Mixology Competition 2022

Ali Masduki
Barista mengikuti Coffee Mixology Competition di Kollabora Coffee and Eatery, Surabaya, Senin (21/3/2022). (Foto: Ali Masduki)

Sebagai pelopor kopi mixology dan kopi moctail di Surabaya, melalui kompetisi ini Kollabora Coffee ingin menjadi tempat barista-barista muda dan bartender Surabaya agar bisa mengekspresikan kreatifitas mereka.

Adam menjelaskan, Kollabora Coffee Mixology Competition 2022 juga bertujuan untuk menciptakan standar nasional. Sehingga penilaiannya cukup ketat.

Karya para barista dinilai mulai dari rasa, bahan yang digunakan, tis didalam mulut, bodi atau tekstur didalam mulut, kreatifitas, garnishing dan plating, hingga penampilannya. Secara teknis, barista juga dinilai bagaimana dalam melakukan presentasi dan making. 

"Jadi memang kita berusaha menciptakan standar nasional. Kedepannya kalau bisa kita mau buat standar internasional untuk kopi moctail," ungkapnya.

Kedepan, Kollabora Coffee ingin terus menggelar kompetisi serupa yang lebih besar dalam sekala nasional sampai skala internasional. 

"Kalau di internasional untuk barista sudah ada. Latte art, brewing coffee biasa juga sudah ada. Tapi kalau kopi moctail atau kopi mixology belum ada. Kita berharap, mungkin 3 tahun dari sekarang kita mau bikin skala internasional," ujarnya.

Adam optimis, tren kreasi minuman kopi ala cocktail tanpa alkohol ini terus meningkat dan diminati masyarakat. Saat ini saja, sudah banyak cofe-cafe yang mulai memasarkannya.

"Ini bisa dilihat di Surabaya, Sidoarjo dan Semarang, sudah banyak cafe-cafe baru yang buka. Jadi trend terus meningkat," tegasnya.

Menurutnya, peningkatan tersebut seiring kebutuhan gaya hidup sehari-hari bagi penikmat kopi yang menginginkan sesuatu yang berbeda. 

"Tren dulu kopi boba, kemudian kopi susu menjamur, dan sekarang masyarakat sudah mulai mengenal kopi moctail. Dimana mereka ingin sesuatu yang berbeda. Jadi saat ini pasar lagi ramai banget," tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network