51.472 Penumpang KA di Daop 8 Surabaya pada Hari Terakhir Libur Lebaran 2025

Ali Masduki
Suasana di Stasiun Surabaya Pasarturi. Arus balik Lebaran tahun ini tidak mengalami lonjakan ekstrem berkat penerapan Work From Anywhere (WFA) . Foto/Humas KAI

SURABAYA – Stasiun kereta api di wilayah Daerah Operasi 8 (Daop 8) Surabaya masih ramai pada hari terakhir libur Lebaran 2025. Berdasarkan data per 10.00 WIB, tercatat 51.472 penumpang menggunakan kereta api (KA) dengan rincian 21.451 penumpang keberangkatan dan 30.021 penumpang kedatangan di seluruh stasiun Daop 8. Angka ini melengkapi total 733.752 penumpang yang diangkut selama 17 hari masa angkutan Lebaran (21 Maret–6 April 2025).

Luqman Arif, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, menjelaskan bahwa arus balik Lebaran tahun ini tidak mengalami lonjakan ekstrem berkat penerapan Work From Anywhere (WFA) . 

“Kebijakan WFA terbukti efektif mendistribusikan penumpang secara merata. Tidak ada hari tertentu yang kelebihan kapasitas,” ungkapnya.

Selama periode puncak arus balik (2–6 April 2025), Daop 8 mengangkut 247.114 penumpang dengan distribusi harian yang stabil. Pada 2 April, tercatat 22.933 penumpang naik dan 24.054 turun, diikuti oleh 22.137 naik dan 26.173 turun pada 3 April. Angka ini terus konsisten hingga 4 April (20.874 naik, 27.750 turun), 5 April (22.067 naik, 29.654 turun), dan 6 April dengan 21.451 penumpang naik serta 30.021 turun per pukul 10.00 WIB.

“Kami memberangkatkan 58 KA jarak jauh per hari, termasuk 9 KA tambahan, dengan total 25.966 kursi tersedia. Ini upaya kami memastikan kenyamanan penumpang,” tambah Luqman.

Sepanjang masa angkutan Lebaran, tiga stasiun tersibuk di Daop 8 adalah Surabaya Gubeng dengan 121.854 penumpang naik dan 101.417 turun, Surabaya Pasarturi (102.049 naik, 98.712 turun), serta Malang (62.882 naik, 58.072 turun). 

Pada hari terakhir (6 April), ketiganya tetap menjadi pusat mobilitas: Surabaya Gubeng mencatat 5.466 penumpang naik dan 10.430 turun, Surabaya Pasarturi (6.353 naik, 8.596 turun), dan Malang (3.216 naik, 5.451 turun).

Luqman menegaskan komitmen PT KAI dalam meningkatkan kualitas layanan kereta api. “Kami apresiasi kepercayaan masyarakat memilih KA sebagai transportasi andalan. Keamanan, kenyamanan, dan keselamatan penumpang adalah prioritas kami,” tegasnya.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network