Dalam tiga bulan pertama 2025, Porsche mengirimkan 71.470 unit kendaraan, dengan proporsi kendaraan elektrifikasi mencapai 39% (26% full electric dan 13% plug-in hybrid). All-electric Macan menjadi kontributor utama dengan penjualan 14.185 unit.
"Secara regional, pengiriman di Amerika Utara melonjak 37%, sementara di China turun tajam 42% akibat persaingan sengit dan kondisi pasar luxury yang menantang," ujarnya.
Seiring dengan melambatnya proses pengembangan elektromobilitas, Porsche memutuskan tidak melanjutkan ekspansi produksi baterai performa tinggi oleh Cellforce Group secara independen. Langkah ini, bersama dampak lain dari aktivitas baterai, meningkatkan jumlah biaya khusus 2025 menjadi 1,3 miliar euro.
Perusahaan juga menyesuaikan strategi rantai pasokan global untuk menghadapi tantangan geopolitik dan dinamika pasar, khususnya di Tiongkok. Meskipun menghadapi tekanan, Porsche tetap berkomitmen pada strategi value over volume guna menjaga keseimbangan antara pasokan dan permintaan.
Editor : Arif Ardliyanto
Artikel Terkait
