PT JGU Teken Kerjasama Dagang Pemprov Gorontalo

Tim MPI
BUMD Pemprov Jatim, PT Jatim Grha Utama (JGU) menjalin kerjasama dengan CV Indocipta Sejahtera (ICS) yang berasal dari Provinsi Gorontalo.(Foto: MPI)

SURABAYA, iNews.id - BUMD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), PT Jatim Grha Utama (JGU) menjalin kerjasama dengan CV Indocipta Sejahtera (ICS) yang berasal dari Provinsi Gorontalo. Masing-masing perusahaan bertukar komoditi, khususnya agro untuk dipasarkan di wilayahnya. 

Kerjasama tersebut bertepatan dengan Forum Misi Dagang Pemprov Jatim dan Pemprov Gorontalo yang digelar hari ini, Kamis (31/3/2022). Dalam kerjasama ini, PT JGU memiliki potensi berupa telur, karkas Ayam, dan bawang merah. Komoditi tersebut akan dikirim  ke Gorontalo. 

Sebaliknya, PT ICS mengirim ikan Deho. Ikan Deho dari Gorontalo menjadi substitusi impor. Khususnya saat ombak tinggi sekitar bulan Desember dan Januari, sebagai bahan baku pindangan untuk dimasukkan ke PT Puspa Agro. 

"Nilai potensi untuk ikan tersebut mencapai 30 kontainer per bulan. Jumlah itu setara dengan Rp2,75 miliar," terang Direktur Utama (Dirut) PT JGU Mirza Muttaqien. 

Dia mengungkapkan, setelah MoU, akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama (PKS). Itu merupakan langkah awal.  Mirza yakin, banyak komoditi lain yang bisa dikerjsamakan. “PKS ini akan menguntungkan masing-masing provinsi," ungkapnya. 

Forum Misi Dagang tersebut dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, beberapa pejabat pemerintah provinsi Gorontalo, beberapa pejabat Pemprov Jawa Timur, pelaku usaha dari dua provinsi, serta pimpinan BUMD kedua provinsi. 

Dalam kesempatan ini, Gubernur Khofifah menegaskan pemerintah memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan industri di daerahnya. "Forum ini memberi ruang bagi dua daerah untuk saling melengkapi," ujarnya. 

Dia menjelaskan potensi masing-masinh daerah berbeda. Mantan Menteri Sosial itu mengaku menemukan keragaman yang berbeda. Pemerintah memiliki peran untuk menyambungkan antar daerah, antar provinsi, maupun antar pulau. 

"Dengan begitu, masing-masing daerah bisa saling melengkapi," ucapnya. 

Sementara itu, Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menyambut positif kerjasama tersebut. Dia optimistis forum tersebut bakal menggenjot pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo. 

“Nilai positif ini akan menggerakkan semua lini usaha lainnya," tandasnya

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network