Pengelola Hotel di Gresik Ini Ungkap Pentingnya Strategi 5P bagi Pelaku Bisnis

Andika
General Manager Hotel Santika Gresik, Jaelani Romli (kanan). (Foto : Andika).

GRESIK, iNewsSurabaya.id – Analisis strategi pemasaran menjadi hal penting yang wajib dipahami dan dijalankan pelaku bisnis. Baik di sektor produk maupun jasa

Hal itu disampaikan General Manager Hotel Santika Gresik, Jaelani Romli, saat memaparkan pentingnya evaluasi menyeluruh terhadap rencana pemasaran perusahaan. 

Menurutnya, analisis mencakup penentuan target pasar, segmentasi, positioning, hingga bauran pemasaran 5P (Product, Price, Place, Promotion, People), serta kajian lingkungan internal dan eksternal untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

“Di sini kami bersama tim mengoptimalkan apa yang terbaik untuk para tamu. Harapannya, tamu pulang membawa cerita, bukan hanya sekadar foto,” ujar Jaelani, Jumat (19/12/2025).

Ia menjelaskan, strategi 5P menjadi dasar pengelolaan pemasaran di Hotel Santika Gresik.Pada aspek Product, Santika Gresik tidak hanya menawarkan layanan menginap, tetapi juga mengembangkan konsep experience-based hospitality. 

Mulai dari kamar nyaman bernuansa modern, koneksi langsung ke Icon Mall Gresik, hingga sajian kuliner Nusantara yang dikemas secara khusus.

Untuk Price, strategi harga diterapkan secara dinamis melalui konsep best value pricing. Melalui aplikasi Santika, tamu dapat menikmati berbagai promo yang tetap memberikan kenyamanan tanpa membebani anggaran.

Sementara dari sisi Place, lokasi strategis di pusat Kota Gresik menjadi keunggulan kompetitif. Terhubung langsung dengan pusat perbelanjaan, serta didukung akses mudah dan area parkir luas, hotel ini memposisikan diri sebagai pusat aktivitas bisnis, rekreasi, dan keluarga.

Di aspek Promotion, Santika Gresik mengedepankan pendekatan story-driven marketing. Promosi tidak semata berupa potongan harga, tetapi melalui cerita dan pengalaman yang disampaikan lewat media digital hingga konten kreatif tentang aktivitas hotel dan keseharian karyawan. 

Adapun pada unsur People, Jaelani menegaskan bahwa sumber daya manusia merupakan kekuatan utama. Seluruh karyawan dibekali pelatihan pelayanan dengan semangat Hospitality From the Heart.

Jaelani percaya setiap karyawan adalah brand ambassador yang membawa citra hotel. “Melalui penerapan strategi 5P tersebut, kami berharap mampu terus meningkatkan kualitas layanan, memperkuat loyalitas pelanggan, dan menjawab tantangan persaingan di industri perhotelan,” terangnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network