Emil Dardak Pastikan Kader Demokrat di Jatim Patuh Pada AHY

Tim MPI
Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Emil Elestianto Dardak. (Foto: MPI)

SURABAYA, iNews.id - Emil Elestianto Dardak memastikan tidak ada gejolak dalam tubuh Partai Demokrat Jawa Timur (Jatim) pasca dirinya ditetapkan sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jatim oleh Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Komunikasi DPD dengan hampir seluruh DPC berjalan baik. Munculnya statement dari DPC di daerah yang memprotes keputusan DPP terkait Musda Demokrat Jatim merupakan bagian dari dinamika partai politik," kata Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Emil Elestianto Dardak, Jumat (8/4/2022).

Wakil Gubernur Jatim ini mengaku sudah mengecek ke kader Demokrat baik yang duduk di legislatif maupun eksekutif di Jatim. Semua kader menyatakan solid dan menerima keputusan Ketum AHY. 

"Insya Allah kader kita di akar rumput tegak lurus dan percaya keputusan Ketum sudah dilandasi pertimbangan yang baik," tegasnya. 

Emil juga berkomunikasi dan berkoordinasi dengan DPC di daerah soal proses verifikasi partai politik untuk Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. 
Mantan Bupati Trenggalek ini mengatakan, suara kader di akar rumput meminta agar partai Demokrat Jatim fokus pada persiapan Pemilu. 

"DPP sudah  membentuk satgas verifikasi parpol, kami juga turun ke DPC. Banyak sekali kawan di akar rumput yang ingin fokus mempersiapkan 2024, ya kita jalankan dengan baik," beber suami Arumi Bachsin ini.

Pihaknya saat ini juga fokus pada tim formatur untuk membentuk kepengurusan DPD Partai Demokrat Jatim 5 tahun ke depan. Ada sejumlah nama yang terlibat dalam tim formatur. 

Diantaranya Emil sendiri sebagai ketua, kemudian Kepala BPOKK DPP Herman Khaeron, dua Anggota DPRD Jatim yakni Dr Agung Mulyono dan Hartoyo, lalu ada perwakilan 3 ketua DPC yakni Didik Mukrianto (Tuban), Lucy Kurniasari (Surabaya), dan Mugianto (Trenggalek). 

"Musda sudah berlalu mungkin ada perbedaan pilihan tetapi dari dua elemen ini sudah terepresentasikan dengan baik dalam formatur. Ini juga atas sepengetahuan mas Bayu (saingan Emil dalam Musda)," katanya. 

Terkait sanksi kepada kader yang tidak tunduk pada keputusan AHY dalam Musda Jatim, Emil menyatakan bahwa hal itu ranahnya di DPP. Dirinya akan fokus pada perputaran roda organisasi ini berjalan. 

"Katakan ada pernyataan muncul tapi lebih banyak kader yang menegaskan komitmennya. Maka kita fokus komitmen tegas lurus siap bekerja itu," pungkas Emil

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network