Dukung Pengembangan Edutourism di Kawasan Ijen, PTPN XII Lepasliarkan 217 Ekor Burung Dilindungi

Ali Masduki
Pelepasliaran berbagai jenis burung yang dilindungi, di kawasan Kebun Blawan, Kecamatan Sempol, Bondowoso. (Foto: PTPN XII)

Sementara itu Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi BKSDA Jawa Timur, Purwantono menuturkan bahwa keberadaan burung merupakan satwa yang bermanfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungan, sehingga perlu dilakukan pelestarian.

“Kami atas nama BKSDA Jawa Timur sangat mengapresiasi dan memberi penghargaan setinggi – tingginya untuk kegiatan semacam ini. Karena fungsi atau manfaat burung sangat banyak untuk lingkungan diantaranya membantu penyerbukan, menyebarkan bibit dan yang paling penting adalah mengendalikan hama," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kabupaten Bondowoso, Irwan Bachtiar menyatakan dukungan serta rencana pengembangan lokasi sebagai salah satu tujuan wisata edutourism di kawasan Kabupaten Bondowoso.

Irwan menegaskan, setelah acara yang diinisiasi oleh PTPN XII ini, akan segera dilakukan pembicaraan lanjutan untuk menuangkan larangan berburu dan imbauan menjaga kelestarian satwa dan lingkungan dalam Peraturan Daerah.

"Hal ini untuk mendukung program pengembangan edutourism di Kawasan Ijen, Bondowoso sebagai destinasi Ijen Global Geopark," tegasnya.

Untuk mengindari perburuan liar burung, papan larangan berburu dan perusakan sumber daya alam hayati juga dipasang di lokasi yang menjadi tempat pelepasliaran lengkap dengan dasar Undang – Undang yang berlaku. 

Hal tersebut dilakukan untuk mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak merusak satwa dan habitatnya.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network