get app
inews
Aa Read Next : Sistekin Untag Surabaya Dukung Pelatihan Komputasi Awan ala Google, Begini Caranya

Lebih Efisien, Perusahaan di Surabaya Mulai Manfaatkan Infrastruktur dan Layanan Google Cloud

Rabu, 15 Juni 2022 | 17:25 WIB
header img
Dari kiri, CEO EIKON Technology Johannes Candra, Director of Finance Pakuwon Jati Minarto Basuki,Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie, CTO Wings Surya Daniel Tjandra dan Sales Director Datalabs Ricky Setiawan. (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Sejumlah perusahaan di kota Surabaya mulai memanfaatkan infrastruktur dan layanan Google Cloud. Layanan ini dinilai mampu meningkatkan produktivitas dan menghemat biaya.

Pakuwon Jati dan Wings Surya misalnya. Dua perusahaan raksasa ini sudah masuk ke ekosistem Google Cloud.

Director of Finance Pakuwon Jati, Minarto Basuki mengatakan, pihaknya telah mulai menerapkan teknologi IT sejak pandemi melalui bantuan Google. 

"Teknologi merupakan sebuah keniscayaan. Kita percaya dengan Cloud Business yang Google sediakan," katanya saat Media Briefing: Google Cloud bangun ekosistem lokal bertenaga cloud untuk mempercepat pembangunan ekonomi Surabaya, Rabu (15/62022).

Kata dia, Pakuwon Jati memutuskan menggunakan Google Workspace agar seluruh staf dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan lancar antar pelanggan, vendor, maupun rekan kerja. Karena Google Workspace bisa mengatur akses ke masing-masing user. 

Selain itu, lanjut Minarto, Pakuwon Jati juga berencana memanfaatkan infrastruktur dan layanan Google Cloud yang sejak awal telah mencapai status 0 jejak karbon untuk memodernkan sistem Enterprise Resource Planning (ERP). 

"Dengan infrastruktur lokal Google Cloud, Pakuwon Jati ingin mengoptimalkan biaya IT, mengurangi jejak karbon dari proses-proses IT dan menerapkan standar keamanan tinggi," ujarnya.

Sementara itu CTO Wings Surya Daniel Tjandra mengatakan, era teknologi telah banyak membantu dalam transformasi digital untuk menganalisis data. 

Untuk itu, Wings mengubah proses manually menjadi digitalize menggunakan Google Workspace sejak 2020 lalu. Penggunaan Google Cloud merupakan solusi tepat agar tetap bisa bekerja di mana saja. 

"Siapa yang menguasai informasi dia yang akan jadi pemenang," kata Daniel. 

Saat ini Wings Surya memperluas kolaborasinya dengan Google Cloud dan partner pelaksananya Datalabs untuk memimpin di industri 4.0 dalam menghadapi kompetitor. 

"Kita menggunakan Google Vision untuk menganalisa itu semua," terangnya. 

Misal untuk memastikan bahwa produksi dan distribusi brand es krim Glico Wings, yaitu Haku, Waku Waku, Frost Bite, dan J-Cone memenuhi standar ketat untuk kendali mutu dan kepuasan pelanggan, data scientist Wings Surya memanfaatkan solusi analisis data yang canggih dan AutoML Vision Object Detection dari Google Cloud untuk dapat mulai menggunakan teknologi pencitraan cerdas dalam hitungan minggu. 

"Ini tentu sangat cepat jika dibandingkan dengan menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk membangun dan melatih model machine learning (ML) dari nol," ujar Daniel. 

Dengan kemampuan teknologi pencitraan cerdas yang secara otomatis dan akurat mendeteksi dan mengklasifikasikan barang dari berbagai lini produksi dan saluran distribusi, lanjutnya, memungkinkan pegawai Wings Surya mendapatkan insight relevan yang berbasis data dan peringatan real-time di perangkat seluler mereka. 

Insight dan peringatan ini kemudian akan membantu pemeliharaan lemari pendingin secara prediktif, sehingga mencegah gangguan kuantitas dan jadwal pengiriman produk. 

"Selain itu, para staf juga akan tahu saat mereka harus mengganti inventaris yang cacat bentuk, ukuran, maupun kemasannya dengan cepat," tegasnya.

Country Director Google Cloud Indonesia, Megawaty Khie menambahkan, kolaborasi dan program baru ini melanjutkan kemitraan Google Cloud dengan Indosat Ooredoo Hutchison yang sudah lebih dahulu terjalin untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia melakukan transformasi digital, termasuk di Surabaya. 

"Dengan tujuan untuk sepenuhnya mendigitalkan UKM di sepanjang siklus bisnis mereka, Indosat Ooredoo Hutchison dan Google Cloud telah membuat marketplace dengan penawaran software-as-a-service yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan," jelasnya.

Dengan inisiatif ini, kata Megawaty, siap membantu UKM membangun kehadiran online dengan Google Profil Bisnis, meningkatkan produktivitas dengan Google Workspace, mengotomatiskan operasi dengan AI dan ML, memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dengan analisis data di cloud, dan banyak lagi

"Pakuwon Jati dan Wings Surya adalah contoh yang menunjukkan secara jelas bagaimana cloud dan inovasi berbasis data dapat memberikan dampak bisnis dan ekonomi yang nyata," tegasnya.

Ia menjelaskan, dengan berinvestasi dalam infrastruktur lokal dan membangun kemitraan yang kuat dengan Indosat Ooredoo Hutchison, EIKON Technology, Datalabs, dan Metrodata, Google Cloud siap membantu perusahaan, baik besar maupun kecil, di seluruh industri utama Surabaya. 

"Kami percaya bahwa cloud akan memunculkan banyak peluang digital dan menjadi pendorong fase baru pertumbuhan dan perkembangan Jawa Timur,” tuturnya.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi menyambut baik hadirnya teknologi komputasi Google Cloud di kota Surabaya. Ia berharap, inovasi teknologi ini dapat mendorong percepatan transformasi digital di berbagai sektor di kota Surabaya.

"Saya juga berharap, kerjasama yang sudah terjalin antara pemerintah kota Surabaya dengan Google Cloud Indonesia bisa terus diperkuat. Sebab dengan sinergi yang kuat dapat membawa Surabaya lebih hebat," pungkasnya.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut