get app
inews
Aa Read Next : BKKBN Jawa Timur Kejar Penurunan Angka Stunting 14% Tahun Ini, Begini Cara yang Dipakai

Dear Bu Bidan, Ini Ada Aplikasi Yang Bisa Deteksi Risiko Stunting Sebelum Bayi Lahir

Jum'at, 24 Juni 2022 | 14:10 WIB
header img
Damara Oky, Insira Yumna, Indah Kamula dan Faishal Fahmi menunjukkan aplikasi Aikko. (Foto: Dok UM Surabaya)

SURABAYA, iNews.id - Dear Bu Bidan, sekarang sudah ada aplikasi yang bisa mendeteksi risiko kejadian stunting bahkan sebelum bayi lahir. Aplikasi tersebut bernama Aikko. 

Aplikasi pencegahan stunting ini adalah karya Damara Oky, Insira Yumna, Indah Kamula dan Faishal Fahmi. Keempatnya adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Surabaya UM Surabaya. 

Damara Oky menjelaskan, bahwa latar belakang pembuatan aplikasi ini karena tingginya angka stunting di Indonesia.

“Saat ini angka stunting di Indonesia berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) mencapai angka 24,4%,” ungkapnya.

Menurutnya aplikasi Aikko yang dibuat dengan timnya bisa mendeteksi kejadian stunting pada anak yang memiliki risiko tinggi.

Sehingga para petugas kesehatan seperti petugas posyandu, perawat, bidan bahkan dokter anak dapat memberikan edukasi dan terapi sehingga kejadian stunting tidak terjadi.

Tak hanya itu, aplikasi Aikko ini bisa mendeteksi risiko kejadian stunting bahkan sebelum bayi lahir. 

Yaitu dengan cara melihat kesehatan ibu dengan cara melakukan anamnesa mengenai faktor risiko kehamilan seperti usia tua, multigravida dan mengukur lingkar lengan atas. Sehingga bisa mengetahui bahwa kehamilan tersebut memiliki risiko stunting atau tidak.

“Kemudahan dari aplikasi ini terdapat fitur-fitur seperti mengetahui perkiraan waktu lahir bayi hanya dengan cara memasukkan HPHT dan bisa mendapatakn edukasi mengeni pola dan menu makan yang cocok yang seharusnya diberikan pasa anak sesuai usianya,” terangnya.

Ia berharap Aikko dapat terus berkembang dan terus mengalami pengupdaten dan digunakan oleh semua petugas kesehatan dan masyatakat Indonesia, sebagai salah satu jalan untuk menangani kejadian stunting yang tinggi. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut