get app
inews
Aa Read Next : Mudik Asyik BUMN 2024, PT Pegadaian XII Surabaya Berangkatkan 200 Orang, Ini Rutenya

Longsor, Jalur Gunung Ijen Kawasan Erek-Erek Ditutup Total

Senin, 27 Juni 2022 | 19:07 WIB
header img
Warga penggunan jalan Banyuwangi-Bondowoso melalui Paltuding Kawah Ijen ditutup total

BANYUWANGI, iNews.id - Warga penggunan jalan Banyuwangi-Bondowoso melalui Paltuding Kawah Ijen ditutup total. Jalan tersebut terkena longsong yang berada di area Erek-Erek, Gunung Ijen Banyuwangi.

Saat ini, personil Polsek Licin dan Dinas PU serta BKSDA berupaya melakukan pembersihan tanah longsor. Kejadian tanah longsor ini terjadi dikawasan tanjakan yang dikenal dengan sebutan Erek-Erek, masuk wilayah Desa Tamansari, Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi. 

Kapolsek Licin, AKP Dalyono saat dihubungi iNewsSurabaya.id melalui telephone membenarkan kejadian tanah longsor di Erek-Erek kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen tersebut. Tanah longsor itu terjadi akibat hujan deras, sehingga mengakibatkan tebing yang tinggi itu longsor dan menutup akses jalan menuju paltuding.

"Hujan deras yang mengakibatkan jalan Banyuwangi-Bondowoso di kawasan Ijen longsong. Kita menutup jalan secara total," kata Kapolsek Licin, AKP Dalyono.


Warga penggunan jalan Banyuwangi-Bondowoso melalui Paltuding Kawah Ijen ditutup total

Ia menambahkan untuk sementara jalur ke Paltuding ditutup sampai penanganan dijalur Erek-Erek selesai. Bahkan petugas sudah berupaya dan alat berat dikerahkan, namun situasi hujan direncanakan akan dilanjutkan besok pagi.

PLH Kepala BKSDA Wilayah III Jember, Purwanto membenarkan, kejadian tanah longsor yang berada di erek - erek itu akibat diguyur hujan. Sementara itu, petugas sudah berupaya untuk membersihkan tanah yang longsor agar jalur ke Paltuding bisa dilewati. "Jalur yang menghubungkan dua kabupaten ini semoga bisa dibuka kembali," ujarnya.

 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut