get app
inews
Aa Read Next : Donor Darah Pertama Tahun 2024 di Rumah Aspirasi Indah Kurnia Dibanjiri Peserta

Donor Darah Bisa di Kampus Unitomo Surabaya

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:38 WIB
header img
Peresmian Gerai Donor Darah di kampus Unitomo Surabaya, Selasa (28/6/2022). (Foto: Humas Unitomo)

SURABAYA, iNews.id - Bagi warga yang ingin donor darah bisa di kampus Universitas Dr. Soetomo (Unitomo). Kampus dikawasan Jl. Semolowaru Surabaya ini sudah punya Gerai Donor Darah. 

Gerai yang berada di Gedung H Lantai 1 kampus Unitomo tersebut merupakan hasil kerjasama Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Unitomo dengan Unit Tanafusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI).

Dekan Fikes, Miftahul Hairoh mengatakan dengan dibukanya Gerai Donor darah, maka menjadi perluasan layanan donor darah bagi masyarakat. 

"Jadi yang mau dinor darah gak perlu lagi ke UTD PMI Kota Surabaya, kita membuka layanan Senin hingga Jumat di jam kerja dengan kuota 50 pendonor per harinya," katanya usai peresmian Gerai Donor Darah, Selasa (28/6/2022).

Kepala Markas PMI Kota Surabaya dr. Muchlas Udin menjelaskan, dipilihnya Unitomo karena pertama kali di Jawa Timur yang memiliki Program Studi (Prodi) Teknologi Bank Darah (TBD). 

"Ini bisa menjadi sarana pembelajaran langsung bagi mahasiswa dalam melakukan layanan donor darah," ungkapnya.

Sementara itu Rektor Unitomo Siti Marwiyah mengungkapkan, adanya Gerai Donor Darah di Unitomo akan menjadi bagian pelayanan bagi kampus untuk bisa mengabdikan dirinya pada masyarakat. 

"Karena memang ini terbuka untuk umum, jadi bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar", kata rektor perempuan pertama di Unitomo ini.

Iyat, sapaan akrab Siti Marwiyah menambahkan pihak Fikes ke depan harus terus bersinergi dengan UTD PMI Kota Surabaya untuk terus mengedukasi masyarakat betapa pentingnya donor darah. 

"Sebagaimana semboyan PMI, setetes darah kita nyawa bagi sesama", pungkasnya
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut