Logo Network
Network

Mantan Kiper Timnas Indonesia, Orang Dekat Soekarno Dipenjara Ditempat Sempit dan Kotor

Tim MPI
.
Selasa, 05 Juli 2022 | 08:27 WIB
Mantan Kiper Timnas Indonesia, Orang Dekat Soekarno Dipenjara Ditempat Sempit dan Kotor
Wakil Komandan Resimen Tjakrabirawa Kolonel CPM Maulwi Saelan. Posisinya sebagai orang yang berada di ring 1 Presiden membuatnya dianggap terlibat

JAKARTA, iNews.id - Insiden G30 S/PKI memiliki rentetan panjang. Peristiwa tersebut membuat stabilitas keamanan Indonesia terguncang, Resimen Tjakrabirawa, pasukan pengamanan Presiden Soekarno dianggap sebagai kelompok yang bertanggung jawab atas peristiwa yang menewaskan banyak Jenderal itu.

Satu persatu anggota Resimen Tjakrabirawa ditangkap dan dijebloskan ke penjara, meteka diduga terlibat dalam gerakan makar. Dari sekian banyak anggota Resimen Tjakrabirawa yang ditangkap, salah satunya adalah Wakil Komandan Resimen Tjakrabirawa Kolonel CPM Maulwi Saelan.

Posisinya sebagai orang yang berada di ring 1 Presiden membuatnya dianggap sebagai bagian dari gerakan tersebut. Pria kelahiran Makassar, 8 Agustus 1926 ini pun ditahan di Rumah Tahanan Militer (RTM) Budi Utomo, Jakarta.

Sebelum mendekam di balik jeruji besi, Maulwi mengaku sempat beberapa kali diinterogasi. Bahkan, meski telah ditahan dan dipenjara, Maulwi tetap diinterogasi petugas untuk dimintai keterangan dalam peristiwa itu.

”Mungkin saya dianggap pentolannya barangkali, yang pertama ditahan dulu,” kenang Maulwi dalam buku biografinya berjudul “Maulwi Saelan Penjaga Terakhir Soekarno” dikutip iNewsSurabaya dari SINDOnews, Selasa (28/6/2022).

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini