Logo Network
Network

Daerah Ini Kerap Dilanda Puting Beliung, Mahasiswa Unitomo Tidak Tinggal Diam

Ali Masduki
.
Selasa, 05 Juli 2022 | 17:57 WIB
Daerah Ini Kerap Dilanda Puting Beliung, Mahasiswa Unitomo Tidak Tinggal Diam
Simulasi penanggulangan bencana puting beliung di SDN Terung Wetan. (Foto: Humas Unitomo)

SURABAYA, iNews.id - Puluhan mahasiswa Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya tidak tinggal diam saat mendengar daerah Terung Wetan, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, kerap dilanda bencana puting beliung.

Sekitar 50 mahasiswa perwakilan dari 5 kelompok peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Semester Genap Tahun Akademik (T.A.) 2021/2022 akhirnya turun tangan.

Mereka terjun langsung ditengah-tengah masyarakat, memberikan edukasi kebencanaan. Edukasi yang diberengi dengan simulasi tersebut dilakukan di halaman SDN Terung Wetan. Sejumlah guru dan peserta didik pun cukup antusias mengikuti setiap tahapan simulasi.

Kepala SDN Terung Rejo, Riris Estri Lestari mengaku sangat terbantu dengan mahasiswa KKN Tematik yang memberikan edukasi mengenai bencana. 

"Daerah kami memang rawan bencana, khususnya puting beliung. Jadi ini menjadi sangat bermanfaat bagi kami sebagai guru dan juga siswa, mereka akan mengenali penanganan risiko bencana sejak dini," ujarnya, Selasa (05/7/2022).

Rektor Unitomo Siti Marwiyah mengatakan, kegiatan KKN Tematik Sekolah/Madarasah Aman Bencana (SMAB) bisa berkelanjutan dan diperluas jangkauannya untuk pengabdian para dosen. 

"Kegiatan penuh manfaat seperti ini jangan sampai berhenti di sini, ke depan para dosen yang ingin melakukan pengabdian bisa berkoordin," terangnya.

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini