get app
inews
Aa Read Next : Depot 369 Shanghai Dumpling and Noodle Surabaya Kini Sajikan Menu Bervariasi

Kuliner Surabaya yang Wajib Kalian Coba!! Ada Semanggi Surabaya, Rasanya Bikin Ketagihan

Rabu, 13 Juli 2022 | 12:15 WIB
header img
Kuliner semanggi khas Surabaya ini sangat populer dikalangan Kota Pahlawan. Kuliner ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang. (Foto : iNews.id)

SURABAYA,iNews.idKuliner semanggi khas Surabaya ini sangat populer dikalangan Kota Pahlawan. Kuliner ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Kuliner semanggi ini merupakan ikonik khas Surabaya sejak dulu. Biasanya semanggi tersebut disajikan dengan ditambahi bumbu pecel yang terbuat dari campuran ubi, kacang, cabai, terasi, serta gula merah. Makanan tradisional ini menjadi daya tarik dikalangan wisatawan yang ingin berkunjung ke kota Surabaya.

Sejarah asal mula dari semanggi tersebut ialah berasal dari Desa Kendung Benowo yang berada di Surabaya Barat. Di desa tersebut para penduduk memanfaatkan tumbuhan semanggi untuk dijadikan olahan makanan dan akhirnya menjadi makanan khas Surabaya. Harga makanan semanggi ini mulai dari Rp 8.000 sampai Rp 10.000 saja guys!.

“Saya berjualan di sini selama kurang lebih tiga tahun, ya masih tergolong baru dibandingkan ibu-ibu yang sepuh itu malah sudah puluhan tahun. Usaha ini nantinya diwariskan ke anak cucu, mengingat zaman sekarang penjual Semanggi semakin langka,” ujar Ibu Im warga Kota Surabaya.

Uniknya makanan semanggi masih menggunakan daun pisang yang berbentuk segitiga untuk wadah atau piringnya. Makanan semanggi ini terdiri dari daun semaggi, daun ketela, tauge, dan bumbu kacang yang khas sekali untuk makanan semanggi ini. Tak lupa juga dengan kerupuk kuning yang besar dan renyah, atau orang Surabaya menyebutnya dengan kerupuk puli.

Penulis : Figo, SMK Ketintang, Magang

 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut