get app
inews
Aa Read Next : Ngeri! Polisi Tangkap Delapan Pelaku Begal Sadis di Jalan Ngagel Surabaya, Enam Masih Dibawah Umur

Sindikat Joki Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya Terbongkar, Modusnya Sangat Canggih

Sabtu, 16 Juli 2022 | 08:23 WIB
header img
Sindikat joki masuk universitas melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) terbongkar.(Foto : tangkap layar)

MJ mengaku hanya menjalankan praktik ini di satu kampus sebagai lokasi ujian, namun telah meluluskan ratusan orang ke berbagai universitas di Indonesia. Ia mengaku tidak memiliki latar belakang profesi apapun, namun  memiliki inisiatif menjadi joki setelah melihat dunia maya. Sistem kerja yang dia bangun juga hasil dari internet.

Kombes Pol Achmad Yusep Gunawan Kapolrestabes Surabaya mengatakan, penangkapan ketujuh tersangka berdasarkan informasi dari masyarakat yang kemudian didalami kepolisian, dan sudah berkoordinasi dengan pihak kampus. Aksi sindikat ini terendus saat ada peserta ujian yang kedapatan membawa peralatan perekam, mikrofon, dan HP yang dikendalikan oleh sindikat joki ujian.

Dari hasil pengembangan juga ditemukan bahwa ada tersangka yang menggantikan peserta yang tidak hadir. “Para tersangka ini cukup jeli saat menempatkan peralatan di baju yang telah dimodifikasi hingga tidak terdeteksi oleh alat scan saat memasuki ruangan. Para tersangka diketahui cara kerjanya saat digeledah dan penyelidikan,” imbuh Yusep.

Setelah berhasil menangkap beberapa tersangka di kampus, selanjutnya polisi melakukan pengembangan. Tim Opsnal Jatanras mendapatkan informasi keberadaan para tersangka di sebuah rumah kontrakan di daerah perumahan yang diduga menjadi basecamp para pelaku.

Kemudian Tim Opsnal Jatanras, bergerak ke lokasi yang diinfokan tersebut dan berhasil mengamankan beberapa orang pelaku dan barang bukti peralatan joki. Upaya pengembangan terhadap pelaku tidak berhenti di satu tempat. Mereka mendatangi tempat lain yang diduga menjadi basecamp di daerah Pondok Jati Sidoarjo, Tenggilis Mejoyo, dan Penjaringan Rungkut.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut