get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Komitmen Perkuat Ekosistem Halal Indonesia, BSI Gelar International Expo 2024

BSI Resmikan UMKM Center di Surabaya

Kamis, 21 Juli 2022 | 14:47 WIB
header img
Direktur Utama BSI Hery Gunardi, bersama Wagub Jatim Emil Dardak saat meresmikan UMKM Center di Surabaya. (Foto: Ali Masduki)

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengapresiasi langkah BSI untuk membuka UMKM Center di Jawa Timur. 

Menurutnya, di era digital seperti sekarang tetap membutuhkan tempat untuk menjadi simbol kebangkitan UMKM, salah satunya dengan UMKM Center. 

Emil menyebut, inisiatif BSI ini bisa meningkatkan ekosistem UMKM yang sudah terbentuk di Jawa Timur serta memudahkan mereka yang selama ini kesulitan mendapatkan permodalan untuk berusaha.

“Pembinaan berkelanjutan terhadap UMKM perlu dilakukan dengan melibatkan semua lini sektor, dari lembaga keuangan, pemerintah, regulator, dan sebagainya. Ini adalah sebuah ekosistem yang saya yakin menjadi sangat penting, sehingga inklusi keuangan bisa meningkat di Jawa Timur. Semoga setelah tempat dan simbol ini ada, kita semua bisa berkontribusi untuk menghidupkan tempat ini, sehingga kita bisa semakin memajukan UMKM di Jawa Timur,” papar Emil.

Di Kota Surabaya sendiri, berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM yang telah mendapatkan rekomendasi dari BPS Provinsi Jawa Timur, kontribusi Koperasi dan UMKM terhadap PDRB atau perekonomian Jawa Timur pada tahun 2021 mencapai 57,81% atau setara dengan Rp1.418,94 trilliun. 

Di sisi lain, kontribusi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) se-Jawa Timur untuk Produk Domestik Bruto (PDB) juga cukup besar. Selama 2021 hingga 2022, kontribusi UMKM tercatat mencapai 57,25 % dan mampu menyerap 97% tenaga kerja se-Jawa Timur
 
“Jadi bisa dibayangkan jumlah UMKM yang ada di Jawa Timur, bila dipadukan dengan potensi bantuan pengembangan dari BSI dan impact-nya untuk kemaslahatan masyarakat Surabaya. Karena itulah hari ini kita berkumpul di sini meresmikan UMKM Center sebagai salah satu bentuk dukungan BSI untuk pengembangan UMKM di Surabaya,” lanjut Emil.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut