get app
inews
Aa Read Next : KKP Genjot Investasi Sektor Perikanan Tuna, Potensi di Jawa Timur Sangat Besar!

Sekolah Quran Braile bagi Tuna Netra di Banyuwangi Diresmikan, Ini Kelebihannya

Senin, 25 Juli 2022 | 13:01 WIB
header img
Sekolah Alam Insan Qur’ani ( SAIQ) Al Hikmah Dusun Palurejo Desa Sumbersewu Kecamatan Muncar Banyuwangi diresmikan untuk menampung anak berkebutuhan khusus (ABK).(Foto : ist)

BANYUWANGI,  iNews.id - Tuna Netra di Banyuwangi tidak perlu khawatir tak bisa membaca kitab suci Al Quran. Sekolah Alam Insan Qur’ani ( SAIQ) Al Hikmah Dusun Palurejo Desa Sumbersewu Kecamatan Muncar Banyuwangi diresmikan untuk menampung anak berkebutuhan khusus (ABK).

Sekolah ini bernama Sekolah Qur’an Braile ( SQB) yang bertujuan untuk mempermudah anak berkebutuhan khusus mengenal Al Quran. Peresmian yang dilakukan Minggu, (25/7/2022) dihadiri Pengurus SQB  Surabaya, Kawan Netra, Pengurus Sekolah Alam Insan Qurani Al Hikmah dan Para Tuna Netra yang sudah bisa membaca Al Quran Braile di Kabupaten Banyuwangi.

Ahmad Budianto, Kepala SQB  Surabaya mengatakan tujuan SQB  ada untuk memberantas buta baca huruf  Al Quran braile bagi tuna netra. Berdasarkan penelitian tahun 2014, tuna netra di Indonesia yang bisa baca Al Quran braile hanya 5%. Untuk itu, SQB Surabaya mengajak semua daerah untuk membuka SQB di daerah masing masing.  “ Alhamdulillah sebelumnya ada di Surabaya,  Sidoarjo, Malang, dan Sumenep, dan ini di Banyuwangi,”  katanaya.

Untuk di Banyuwangi ini, ujarnya, ada tiga titik zona, yaitu Sekolah Alam Insan Qurani Al Hikmah Palurejo Sumbersewu ini sebagai titik zona  timur, dan di Kantor Dompet Dhuafa yang ada di titik zona Banyuwangi Kota, untuk titik zona selatan dan barat di Mushola Baitus Sibyan Genteng.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut