SURABAYA, iNews.id – PT Segar Kumala Indonesia Tbk. (BUAH), salah satu importir dan pedagang besar buah-buahan dan sayuran terlengkap dan terbesar di Indonesia meyakini akan menyongsong kinerja yang lebih cemerlang ke depan dengan berbagai strategi dan peluang yang ada.
Direktur Utama PT Segar Kumala Indonesia Tbk. Renny Lauren mengatakan, kendati pandemi Covid-19 memukul perekonomian di seluruh dunia tetapi dalam tiga tahun terakhir ini pihaknya masih dapat membukukan tren kinerja yang baik.
Untuk itu, tahun ini perseroan masih percaya tren tersebut akan berlanjut apalagi mengingat peluang dari permintaan masyarakat yang terus meningkat.
“Kami melihat kesadaran akan gaya hidup sehat masyarakat apalagi dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini menjadikan buah-buahan dan sayuran memiliki porsi signifikan dalam konsumsi sehari-hari. Dengan demikian, kami yakin ke depan penjualan kami akan terus bertumbuh,” katanya dalam Jumpa Media di The Westin Surabaya, Selasa (26/7/2022).
Renny melanjutkan, sejumlah strategi pun akan digencarkan perseroan guna mencapai target yang sudah ditetapkan.
Salah satunya dengan melakukan aksi korporasi dengan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Segar Kumala akan melepas maksimal 20% sahamnya ke publik atau sebanyak-banyaknya 200.000.000 lembar saham dengan harga penawaran awal sebesar Rp350 sampai dengan Rp400 per lembar. Hal itu untuk mendapatkan dana segar sekitar Rp70 - Rp80 miliar.
Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penjualan saham yang ditawarkan melalui Penawaran Umum Perdana Saham ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan untuk modal kerja Perseroan dengan alokasi 75% dan sisanya untuk membuka cabang baru Perseroan.
Strategi lain yaitu, perseroan akan bekerja sama dengan lebih banyak pihak supplier dari mancanegara. Hal ini dilakukan untuk melengkapi keberagaman produk.
Sampai pada saat ini, supplier yang sudah berkerja sama dalam menyuplai buah untuk Perseroan, datang dari negara-negara Asia, Australia, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Eropa hingga Timur Tengah.
"Dengan menggandeng lebih banyak supplier, diharapkan semakin memperkokoh posisi Perseroan sebagai salah satu importir buah-buahan terbesar dan terlengkap di Indonesia," ujar Renny.
Adapun saat ini secara keseluruhan, perseroan sudah memiliki 9 cabang cold storage dan distribusi aktif yang tersebar di seluruh Indonesia.
Perseroan juga memiliki 3 jalur distribusi utama dalam menjalankan usahanya yang berpusat di kota besar yakni Medan, Jakarta, dan Surabaya.
Buah-buahan yang diimpor oleh Perseroan tiba di 3 pelabuhan utama tersebut untuk selanjutnya didistribusikan ke gudang penyimpanan cold storage Perseroan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.
Renny menyebut, dalam mendistribusikan produknya Perseroan berkerjasama dengan vendor perusahaan logistik antar provinsi dari pelabuhan besar yang menjangkau hub impor Perseroan.
Untuk pengiriman dalam kota dan antar kota, Perseroan juga menggunakan armadanya sendiri yang bisa langsung menuju titik-titik pemesanan dari setiap pelanggan.
Secara kinerja, Perseroan berhasil mencatatkan tren pertumbuhan yang baik dalam tiga tahun terakhir kendati pandemi Covid-19 melanda di seluruh dunia.
Bahkan, penjualan bersih Perseroan pada tahun lalu tembus menjadi Rp1,02 trilun atau mengalami peningkatan sebesar 32,79% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Hal itu di sebabkan oleh peningkatan kebutuhan dan daya beli masyarakat untuk buah-buahan dan ketersediaan stok barang yang lebih stabil dari tahun sebelumnya. Terutama untuk item-item yang utama seperti Apel, Anggur, Jeruk, dan Pir.
Sejalan dengan hal tersebut pada tahun lalu, Perseroan juga mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 35,54% menjadi Rp37,28 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Dari sisi aset, Perseroan juga berhasil mencatatkan peningkatan sebesar 20,62% menjadi Rp247,28 miliar pada periode 2021 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Sebagai informasi, PT Segar Kumala Indonesia didirikan dengan semangat untuk menyediakan produk berupa buah-buahan dan sayuran dengan mutu dan kualitas terbaik untuk semua kalangan masyarakat Indonesia.
Didirikan pada tahun 2017, Perseroan memulai bisnis perdagangan dan distribusi buah-buahan dan sayuran segar di daerah Jakarta dan sekitarnya dengan merk SK, kini Perseroan telah memiliki 9 cabang distribusi yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menunjang visi dan misi Perseroan.
Bertindak sebagai importir dan pedagang besar buah-buahan dan sayuran, Perseroan mengimpor produk tersebut dari negara-negara di Asia, Australia, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Eropa dan Timur Tengah dengan kualitas dan mutu terbaik serta harga yang kompetitif yang sudah terlebih dahulu diriset oleh Purchasing Team Perseroan.
Untuk menjaga mutu dan kualitas produk dilakukan Quality Control, yang selanjutnya barang disimpan sesuai dengan karateristik buah tersebut terhadap suhu dan daya simpan.
Produk dengan daya simpan yang lebih pendek akan ditawarkan kepada pelanggan sebelum tiba (preselling) yang kemudian pada saat barang tiba di Indonesia dapat langsung di kirimkan kepada pelanggan, sehingga kualitasnya terjamin dan terlindungi.
Untuk tipe buah lainnya, akan didistribusikan ke cabang distribusi Perseroan untuk selanjutnya disimpan dan dijual ke mitra Perseroan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Adapun 9 cabang cold storage dan distribusi aktif yang tersebuar di seluruh Indonesia yaitu :
1. Cabang distribusi & cold storage Jakarta
2. Cabang distribusi & cold storage Makassar
3. Cabang distribusi & cold storage Balikpapan
4. Cabang distribusi & cold storage Medan
5. Cabang distribusi & cold storage Bali
6. Cabang distribusi & cold storage Yogyakarta
7. Cabang distribusi & cold storage Ambon
8. Cabang distribusi & cold storage Surabaya
9. Cabang distribusi & cold storage Manado
Editor : Ali Masduki