get app
inews
Aa Read Next : Ubaya Raih Skor SINTA Tertinggi di Jawa Timur

Teknologi VR Besutan Anak SMK dan Mahasiswa Mejeng di Festival Mahakarya Vokasi Surabaya

Sabtu, 30 Juli 2022 | 15:36 WIB
header img
Dengan menggunakan kacamata VR, para pengunjung pameran akan diajak berkunjung ke sejumlah pulau-pulau yang indah dan cantik di Indonesia. (Foto: Istimewa)

Pengalaman serupa juga dirasakan Nadia, siswa kelas 12 SMK RUS KUDUS. Nadia yang tergabung dalam tim konsep pada proyek Festival Mahakarya ini mengaku mendapatkan banyak pengalaman dalam proyek ini. Terutama melatih soft skills saat harus bekerja dalam sebuah tim dan berjauhan.

“Kalau untuk VR, kami sudah dapatkan dalam proses pembelajaran. Jadi, tinggal mempraktikkan apa yang sudah saya pelajari. Akan tetapi, karena ini kolaborasi, sehingga perlu penyesuaian di sana-sini. Apalagi, kita bekerja berjauhan, satu di Kudus, satu di Batam, lalu musik di Bandung,” kata Nadia tentang pengalamannya selama mengerjakan proyek tersebut.

Dari kolaborasi ini, Nadia dan rekan-rekannya belajar tentang bagaimana komunikasi dan kerja sama menjadi penting. 

Pasalnya, hasil kerja dari tim di SMK RUS, kemudian diestafetkan ke Polibatam, dan juga bagaimana memastikan agar musiknya pas dengan visual. 

“Nah, dari sinilah justru saya dan teman-teman belajar, bahwa dalam sebuah kolaborasi, komunikasi yang baik itu perlu sekali. Kami jadi dapat pelajaran tentang bagaimana membangun komunikasi secara nyata  yang mungkin tidak ada di buku buku pelajaran,” jelas Nadia. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut