get app
inews
Aa Read Next : YES Tech Program Hasilkan Generasi Muda Melek Teknologi dan Siap Bekerja

Universitas Bina Sarana Informatika Dorong Anak Panti Asuhan Melek Teknologi

Selasa, 02 Agustus 2022 | 18:35 WIB
header img
Penghuni panti juga cukup semangat mengikuti setiap tahapan pelatihan. (Foto: iNewsSurabaya.id).

DEPOK, iNews.id - Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta mendorong anak-anak penghuni panti asuhan agar melek teknologi. Salah satunya tentang penguasaan penggunaan perangkat lunak Microsoft Word 2016.

Dosen UBSI Jakarta Meiva Eka Sri Sulistyawati mengatakan, perangkat lunak Microsoft Word 2016 merupakan hal mendasar yang harus dikuasai agar anak panti asuhan tidak tertinggal, apalagi mereka juga harus menjalani KBM secara online.

Selain itu, Microsoft Word 2016 lebih banyak digunakan oleh setiap orang terutama pelajar untuk kegiatan kerja sehari-hari.

"Anak-anak yang harus menjalani KBM secara online terkait masa pandemi dan tentunya kewajiban Tridharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat," katanya disela pelatihan komputer di Yayasan Darussalam Depok, Selasa (02/8/2022).

Pelatihan komputer dengan tema “Pengenalan Dasar Microsoft Word 2016 untuk anak-anak panti asuhan Yayasan Darussalam”, di Jl. Raya Bojong No.45 Kelurahan Bakti Jaya, Kecamatan Sukma Jaya, Depok, Jawa Barat ini digelar sebagai bentuk kepedulian dan Tridharma perguruan tinggi.

Kegiatan pelatihan kali ini, lanjutnya, sebagai upaya membantu para anak-anak panti asuhan Yayasan Darusallam dalam memperkenalkan program Microsoft Word 2016 agar nantinya dapat bisa dipergunakan dalam kegiatan di pendidikan sekolahnya. 

Pelatihan itupun mendapat sambutan antusias dari pihak pantu asuhan. Penghuni panti juga cukup semangat mengikuti setiap tahapan.
 
Kegiatan dimulai dari pengenalan Microsoft Word 2016 dan cara membuka program Microsoft Word 2016, mulai dari Sistem Operasi Windows 10, selanjutnya peserta diberikan pengetahuan untuk mengenal bagian-bagian di dalam Microsoft Word 2016. Ini disampaikan secara mendetail oleh Eri Riana.

Para peserta pelatihan juga diperkenalkan cara mengatur tipografi, menyimpan dokumen, mencetak dokumen, menentukan format kertas, menentukan format teks, menentukan format paragraf, membuat daftar berurut dan daftar bersimbol, membuat kolom koran, menyisipkan gambar, pengaturan gambar, membuat tabel serta rumus dan cara membuat mail merge.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut juga dibantu oleh dosen lain. Diantaranya Tri Kuryanti, Dwi Irawati, dan dua mahasiswa Dethya Praningrum, serta Farroz Rafi Vierlanza.

UBSI berharap, kehadirannya di panti asuhan dapat memberikan nilai tambah, khususnya di bidang pengetahuan dalam menggunakan teknologi.
 
 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut