get app
inews
Aa Read Next : Sekolah Wijaya Putra Fokus Perhatikan Anak Stunting, Ini yang Dilakukan

Cegah Stunting, Penuhi Asupan Protein Hewani Sejak Masa Kehamilan

Rabu, 03 Agustus 2022 | 10:33 WIB
header img
Edukasi terkait pentingnya asupan protein hewani, di Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Ali Masduki)

Ahli gizi kesehatan masyarakat dan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH menuturkan, bahwa manusia membutuhkan protein yang terdiri atas asam-asam amino sebagai zat pembangun tubuh.

Tubuh manusia membutuhkan sebanyak 20 jenis asam amino dan 9 diantaranya adalah asam amino esensial yang harus didapatkan dari makanan.

"Protein hewani memiliki kandungan asam amino esensial yang lebih lengkap. dibandingkan protein nabati," tuturnya di Surabaya, Rabu (03/8/2022).

Dalam kaitannya dengan pencegahan stunting, asupan protein hewani tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Lebih jauh lagi, asupan protein hewani harus dicukupi sejak awal di 1.000 hari pertama kehidupan yakni sejak ibu hamil hingga anak berusia 2 tahun.

Periode ini merupakan periode emas pertumbuhan dan perkembangan anak, masa yang menentukan perkembangan fisik dan kecerdasan jangka panjang.

Lebih lanjut Prof. Sandra mengungkapkan, protein hewani selain mengandung asam amino esensial yang lebih lengkap dan lebih banyak dibandingkan protein nabati, juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang beragam. Serta memiliki kualitas yang lebih baik untuk mendukung daya tahan tubuh manusia.

"Oleh karenanya, penting agar mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein hewani setiap harinya," tegasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut