Logo Network
Network

Inilah Tiga Partai Politik Pilihan Santri

Ali Masduki
.
Senin, 29 Agustus 2022 | 18:30 WIB
Inilah Tiga Partai Politik Pilihan Santri
Peneliti Senior SSC, Surokim Abdussalam. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNews.id - Surabaya Survey Center (SSC) merilis hasil penelitian tentang partai politik yang menjadi pilihan para santri (pernah mondok).

Ada tiga partai yang menduduki peringkat atas. Yakni PKB, PDI Perjuangan dan Gerindra. Dari ketiganya, PKB menjadi partai politik yang paling dipilih oleh kalangan Santri

Peneliti Senior SSC, Surokim Abdussalam menyebut, jika perolehan PKB melejit dengan capaian 30 persen.

Kemudian diikuti oleh PDIP dengan perolehan 20 persen, Gerindra 10,6 persen. 

“Sementara lainnya seperti PPP ada 4,6 persen, Demokrat 4,2 persen, dan Golkar 4 persen," ungkapnya dalam rilis hasil survei bertajuk Puputan Valentine 2024, di Surabaya, Senin (29/8/2022).

Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura ini mengungkapkan, jika partai lainnya masih di bawah 3 persen, diantaranya Nasdem dengan 2,8 persen, PKS dengan 2 persen, PAN 0,9 persen. 

“Partai lainnya lagi ada Garuda, Perindo, dan PBB yang ketiganya sama-sama memeroleh 0,5 persen. Sisanya, Partai Berkarya, PSI, Hanura, PKPI, Ummat, Gelora, PKN, dan Prima dengan 0,0 persen," paparnya.

Meski demikian, Surokim menambahkan bahwa masih ada sekitar 19,4 persen yang belum memilih. 

"Tentunya, ini bisa menjadi modal kuat bagi siapapun yang bisa mendekati dengan gaya pesantren dialah yng akan mendapatkan tambahan suara,” pungkasnya.

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 01-10 Agustus 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. 

Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. 

Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini