get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Mengenal Mbah Kapiludin, Dikenal Dekat dengan Sunan Ampel, Kini Bakal Dijadikan Wisata Religi Dolly

Selasa, 30 Agustus 2022 | 11:01 WIB
header img
Surabaya bakal memiliki wisata religi kembali. Setelah Wisata Sunan Ampel dan Sunan Bungkul, kini Pemerintah Kota (Pemkot) mentargetkan untuk menjadikan Makam Mbah Kapiludin sebagai kawasan religi yang berada di Dolly. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNews.id - Surabaya bakal memiliki wisata religi kembali. Setelah Wisata Sunan Ampel dan Sunan Bungkul, kini Pemerintah Kota (Pemkot) mentargetkan untuk menjadikan Makam Mbah Kapiludin sebagai kawasan religi yang berada di Dolly.

Mbah Kapiludin setelah dilakukan penelusuran sejarah, ternyata memiliki Sunan Ampel dan Mbah Karimah, Kembang Kuning. Makam Mbah Kapiludin berada di kawasan Kupang Gunung Timur, Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan atau lebih dikenal dengan sebutan Gang Dolly. Makam tersebut terdeteksi sebagai seorang ulama yang diprediksi telah ada sejak ratusan tahun silam dan masih berkaitan erat dengan para wali. 

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, di Jalan Kupang Gunung Timur atau berdekatan dengan lapangan futsal, terdapat sebuah makam ulama atau tokoh agama. Ulama tersebut dikenal oleh warga sekitar dengan nama Mbah Kapiludin. "Di sini ada makamnya Mbah Kapiludin di sebelahnya lapangan futsal. Ternyata Dolly ini (dahulu) tempat berkembangnya Islam. Ada makam penyebar agama Islam yang luar biasa dan ini sejarahnya berhubungan dengan Sunan Ampel dan Mbah Karimah, Kembang Kuning," katanya.

Melihat hal tersebut, ia menyatakan, bahwa makam Mbah Kapiludin ini dapat pula dikoneksikan dengan rencana pengembangan kawasan Wisata Dolly. Bahkan tidak menutup kemungkinan, kawasan itu ke depannya dapat pula menjadi Wisata Religi. "Berarti apa? ini bisa dikembangkan wisata religinya, dicampur wisata yang ada di Dolly. Nah, ini yang akan kita koneksikan," ungkap dia.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut