get app
inews
Aa Read Next : Revitalisasi Parkir Surabaya, Dishub Tetapkan Lima Ruas Jalan Jadi Percontohan Pembayaran QRIS

Pemkot Ingin Masyarakat Surabaya Sadar Bencana

Rabu, 17 November 2021 | 07:00 WIB
header img
Pemerintah Kota Surabaya ingin masyarakat memahami jenis-jenis bencana dan mengatasinya.Foto: (iNewsSurabaya/HO/Trisna)

SURABAYA, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya meminta semua pihak  untuk meningkatkan kewaspadaan di tengah musim penghujan ini. Pemkot telah memetakan kemungkinan terjadi bencana banjir, pohon tumbang, hingga rob (luapan air laut).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Perlindungan Masyarakat Kota Surabaya Irvan Widyanto menjelaskan warga perlu memahami mengenai pengetahuan mitigasi bencana. Ini bertujuan supaya kejadian bencana di masyarakat bisa teratasi.  

“Jadi, kita berharap kepada semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat untuk lebih meningkatkan pengawasan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dengan memiliki pengetahuan tentang mitigasi bencana itu,” kata Irvan di ruang kerjanya.

Ia mencontohkan, jika terdapat perubahan cuaca, maka masyarakat diharapkan memahami dan menyadari potensi bencana yang akan terjadi disekitarnya. “Contohnya ketika mendung dan hujan, seyogyanya warga tetap berada di rumah untuk melindungi diri sendiri dan sesama,” tegasnya.

Pemkot Surabaya, kata Mantan Kasatpol PP Surabaya ini, sudah berusaha maksimal untuk mengatasi tingginya curah hujan. Seperti menyiagakan rumah pompa agar air dapat terdistribusi sehingga tidak menumpuk di satu kawasan.

“Apalagi kami sudah menyiagakan sekitar 60 rumah pompa yang tersebar di berbagai titik di Surabaya. Bahkan, kami juga sudah membuat SOP genangan, SOP pohon tumbang, SOP puting beliung, dan SOP banjir rob. Pemetaan bencana beserta SOP-nya itu sudah kami sampaikan kepada camat dan lurah untuk selanjutnya disampaikan kepada warga,” urainya.

Irvan juga berpesan, jika ada masyarakat yang menemukan bencana apapun agar menghubungi Command Center 112 yang akan siap bekerja 24 jam membantu masyarakat Surabaya.(trisna)

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut